728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 11 August 2016

    Turunkan Tensi di LCS, Filipina Siap Berdialog dengan China


    MANILA - Utusan khusus Filipina untuk China, Fidel Ramos mengatakan, Manila menginginkan diskusi formal dengan China untuk mengeksplorasi jalur untuk perdamaian dan kerjasama. Hal ini dikatakannya setelah melakukan pertemuan dengan mantan wakil Menteri Luar Negeri China, Fu Ying.

    Ramos mengatakan hal tersebut diakhir perjalanannya ke Hong Kong yang dilakukan dalam upaya untuk menghidupkan kembali hubungan dengan China. Hubungan Filipina dengan Negeri Tirai Bambu itu memburuk akibat sengketa maritim di Laut China Selatan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/8/2016).

    Seperti diketahui, pengadilan arbitrase internasional di Den Haag pada 12 Juli lalu memutuskan bahwa China tidak punya hak sejarah atas jalur laut tersibuk di dunia itu. China juga dianggap telah melanggar hak-hak kedaulatan Filipina di Laut China Selatan.

    Beijing pun dengan tegas menolak keputusan tersebut. China menyatakan bahwa pengadilan arbitrase tidak berhak memutuskan hal tersebut dan menyatakan setiap permasalah teritorial di laut diputuskan dengan jalan dialog.

    China telah mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan dimana lebih dari USD 5 triliun dihasilkan dari jalur perdagangan itu setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim serupa atas laut yang diyakini kaya akan deposit energi itu. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Turunkan Tensi di LCS, Filipina Siap Berdialog dengan China Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top