728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 25 August 2016

    Tolak Listrik dari Pemerintah, Ini Desa Paling Bernyali di Dunia



    Liputan6.com, Tyaglum - Sebuah desa yang terletak di perbukitan dekat perbatasan Queensland-New South Wales baru-baru ini menyedot perhatian. Desa berpenghuni 300 penduduk itu berencana untuk memutus aliran listrik dari Pemerintah Australia.

    Jika semua berjalan dengan rencana, desa bernama Tyalgum yang terkenal dengan gaya hidup alternatif itu menjadi tempat pertama di Australia yang 100 persen menggunakan energi terbarukan.

    Ide tersebut dicetuskan pada September 2014 oleh seorang pengusaha lokal, Andrew Price. Ia merupakan orang berpengalaman di industri energi terbarukan yang menjalankan perusahaan Australian Radio Towers.

    "Memutus aliran listrik (dari pemerintah) merupakan pernyataan ke negara bahwa ini (energi alternatif) bisa dilakukan dan dapat dilakukan," ujar Price kepada BBC seperti dikutipLiputan6.com pada Kamis (25/8/2016).

    Meski Tyaglum mungkin bukan merupakan lokasi terdepan untuk menjalankan revolusi energi terbarukan, pendukung rencana itu mengatakan terdapat beberapa alasan mengapa desa tersebut cocok untuk menjalankan proyek.


    Penduduk desa Tyalgum terkenal akan kesadarannya terhadap lingkungan (Kacey Clifford)



    Pertama, isu keberlanjutan lingkungan erat dengan penduduk Tyalgum yang telah berperang melawan kegiatan fracking--mengambil energi sisa dalam lubang bekas penggalian sumber energi. Masyarakatnya juga mendukung penuh proyek ramah lingkungan.

    Desa tersebut juga teraliri listrik di lokasi paling akhir. Hal itu membuatnya tak mengganggu pasokan energi tempat lain jika pemutusan listrik dilakukan.

    Selain itu, Tyaglum ingin memperbaiki keadaan ekonominya. Selama ini desa yang bergantung pada bidang pariwisata itu terbebani tagihan listrik.

    Menurut keterangan Price, secara kolektif, 300 penduduk Tyalgum menghabiskan 700 ribu dolar Australia atau sekitar Rp 7 miliar hanya untuk listrik, di mana 55 persennya digunakan untuk pemeliharaan tiang dan kabel.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tolak Listrik dari Pemerintah, Ini Desa Paling Bernyali di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top