728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 25 August 2016

    Tips dan Trik Mempersiapkan TOEFL dan IELTS oleh EF English First



    Vemale.com - Kebutuhan akan tes TOEFL dan IELTS saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar di era persaingan global. Beberapa perusahaan besar sudah memasang nilai standar untuk TOEFL maupun IELTS untuk calon karyawannya. Selain itu, tes TOEFL dan IELTS ini juga penting untuk mengukur sejauh mana seseorang menguasai bahasa Inggris untuk memasuki perguruan tinggi di luar negeri.

    Demi memenuhi kebutuhan tersebut, EF sebagai lembaga yang berfokus pada pendidikan bahasa Inggris memaparkan persiapan apa saja yang dibutuhkan saat menjalani tes TOEFL dan IELTS. Persiapan ini tentu saja berguna untuk mendapatkan nilai yang baik.

    Tes TOEFL dan IELTS berbeda dalam hal penyelenggaraan dan sistem penilaiannya. TOEFL biasanya dilakukan oleh mereka yang yang berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dalam hal ini universitas di luar negeri, kandidat beasiswa ke luar negeri dan peserta sertifikasi internasional, atau murid dan karyawan yang sedang mengajukan visa studi dan visa kerja. Sedangkan IELTS atau International English Laguage Testing System merupakan standardisasi tes keahlian bahasa Inggris di seluruh dunia. IELTS merupakan tes bahasa Inggris paling populer di dunia untuk studi, bekerja, dan migrasi ke luar negeri. Keduanya dijadikan standard internasional dalam hal menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang untuk berbagai keperluan.

    “EF memiliki program bimbingan tes internasional dengan maksud membantu mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1, S2 atau S3 di luar negeri, atau bagi mereka yang ingin meningkatkan karir mereka supaya mendapatkan hasil tes TOEFL dan IELTS yang memuaskan,” ungkap Juli Simatupang, Director of Corporate Affair EF Indonesia

    EF English First merangkum hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan tes TOEFL dan IELTS, diantaranya:
    Persiapan TOEFL dan IELTS tidak dapat dilakukan 1-2 hari saja, untuk itu lakukan persiapan matang sebulan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar tes TOEFL atau IELTS yang dilakukan tidaklah sia-sia.
    Memahami bahasa asing bisa Anda pelajari tidak hanya dari kelas saja, cobalah mulai rajin menonton tayangan berbasis bahasa Inggris atau mendengarkan radio bahasa Inggris, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan.
    Terus tingkatkan kosakata atau vocabulary, gunakan dalam percakapan sehari-hari sehingga Anda bisa sekaligus melatih pelafalannya atau pronunciation dan makna kata tersebut sesuai konteks.
    Biasakan membaca teks-teks bahasa Inggris yang ditulis oleh akademisi atau jurnal atau surat kabar berbahasa Inggris sebanyak mungkin. Kembangkan teknik scanning dan skimming dalam menemukan informasi dengan cepat dan tepat bila ada bacaan yang panjang hal ini sangatlah berguna.
    Pelajari buku-buku tata bahasa dan cobalah menulis esai dan meminta masukan dari guru atau mereka yang lebih berpengalaman.
    Latih diri Anda untuk berbicara bahasa Inggris membahas keseharian Anda, hal ini penting untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara saat tes.
    EF menyediakan platform tes gratis untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Anda yang disusun sedemikian rupa sehingga penilaiannya bisa disamakan dengan skor TOEFL atau IELTS. Anda bisa mengaksesnya di : www.efset.org

    Lebih lanjut Andy Fuller, Academic Management Consultant EF Indonesia, menambahkan, “Yang terpenting adalah belajar dengan intensif bersama guru yang profesional, dan teruslah mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.”

    Andy menambahkan, “Dalam sesi reading, yang harus diperhatikan adalah tentang ide-ide utama, ringkasan, informasi penting, kalimat penyisipan, kosakata, tujuan retoris dan ide keseluruhan bacaan. Listening, pahami ide-ide utama, detail penting, implikasi dan hubungan antara ide-ide. Berlatihlah untuk menjawab hanya dengan sekali mendengarkan. Speaking, kita diajak menyampaikan ide-ide atau pendapat sesuai dengan topik yang dibahas, dan tidak hanya jawaban “ya” atau “tidak”. Dan writing, untuk mengukur kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, tentu dengan tata bahasa yang baik. Writing biasanya menuliskan ringkasan apa yang menjadi topik pembahasaan, dan terakhir menulis esai. Biasakan untuk selalu mengukur lamanya waktu berlatih Anda” ujarnya.

    EF memahami pentingnya bimbingan yang intensif bagi mereka yang akan mengambil tes TOEFL dan IELTS mengingat skor yang diperoleh sangat berpengaruh bagi siapapun yang mengambil tes tersebut. Melalui EF International Exam Preparation, Anda bisa mendapatkan nilai tinggi bukan karena Anda tahu soal yang akan keluar, tapi karena Anda bisa mengerjakannya. Selain memberi latihan kosakata dan tata bahasa, program ini juga memberikan tips dan trik mengerjakan soal, serta simulasi tes dengan kondisi yang sama seperti pada tes sesungguhnya. Kelebihan lainnya adalah metode pengajaran yang menyenangkan disesuaikan dengan kebutuhan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips dan Trik Mempersiapkan TOEFL dan IELTS oleh EF English First Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top