728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 22 August 2016

    Tepati Janji, Mark Zuckerberg Mulai Jual Saham Facebook



    CNN Indonesia -- Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg mulai menjual saham miliknya "dalam posi kecil" di perusahaan jejaring sosial itu untuk tujuan amal, sebagai langkah awal setelah mengucap janji bakal menjual mayoritas saham Facebook.

    Sebuah dokumen yang diajukan ke otoritas bursa saham Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat pada Jumat (19/8) menunjukan Zuckerberg menjual sekitar 768.000 lembar saham Facebook yang nilainya lebih dari US$95 juta atau setara Rp1,2 triliun.

    Penjualan saham itu bukan sekadar mencairkan uang, namun menurut dokumen yang diajukan, hal itu merupakan bagian dari janji Zuckerberg pada tahun 2015 yang menyatakan bakal menyumbangkan 99 persen kekayaannya di Facebook untuk proyek kemanusiaan.

    Zuckerberg pada awal Desember tahun lalu memang menyatakan rencana donasi 99 persen saham Facebook yang bernilai US$45 miliar (setara Rp618 triliun) untuk amal yang melingkupi isu kesehatan, pendidikan, akses Internet, dan memajukan potensi manusia serta mempromosikan kesetaraan.

    Situs teknologi Recode mewartakan, penjualan saham Rp1,2 triliun ini menjadi yang pertama sejak dia mengumumkan rencana amal tersebut. Sebagai tambahan, Zuckerberg juga sempat menuturkan bahwa ia bakal membatasi pengeluaran donasi hingga US$1 miliar per tahun untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.

    Sayangnya belum jelas penjualan saham senilai Rp1,2 triliun itu akan diberikan ke mana.

    Juru bicara Facebook menolak untuk memberi komentar terkait hal ini. Tercatat Zuckerberg masih memiliki lebih dari 400 juta lembar saham di Facebook.

    Sekadar diketahui, pasca Zuckerberg mengumumkan rencana donasi 99 persen sahamnya pada tahun lalu, dia diterpa kritik keras lantaran muncul dugaan amal itu akan didonasikan ke Chan Zuckerberg Initiative LLC, yang tak lain adalah milik Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan.

    Banyak kritik yang menganggap keputusan Zuckerberg tersebut sama saja seperti mentransfer kepemilikan saham Facebook tanpa membayar pajak keuntungan modal.

    Tak hanya itu, pria usia 31 tahun ini juga diperkirakan akan diuntungkan dari yayasan Chan Zuckerberg Iniatiative LLC yang bakal terus hidup tanpa 'disentuh' oleh pajak negara.

    Zuckerberg pun angkat bicara, menjelaskan struktur entitas Chan Zuckerberg sebagai perusahaan berbentuk LLC bahwa mereka akan tetap membayar pajak.

    "Dengan menggunakan LLC ketimbang yayasan tradisonal lainnya, kami tidak menerima keuntungan pajak dari pemindahan saham ini. Tapi kami menghasilkan fleksibilitas untuk menjalankan misi secara lebih efektif," jelas Zuckerberg pada saat itu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tepati Janji, Mark Zuckerberg Mulai Jual Saham Facebook Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top