728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 22 August 2016

    Tak Gentar Ancaman Korut, Korsel-AS Tetap Gelar Latihan Perang



    SEOUL – Korea Utara (Korut) di bawah kepemimpinan Kim Jong-un telah memperingatkan bahwa latihan perang antara pasukan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) akan membuat situasi keamanan di semenanjung Korea semakin memanas. Namun, seakan-akan tidak gentar dengan ancaman Korut, Korsel dan AS tetap menggelar latihan militer besar-besaran.

    Latihan militer tahun ini melibatkan sekira 25 ribu pasukan AS dan 50 ribu tentara Korsel. Latihan perang yang bernama Ulchi Freedom Guardian sudah dimulai pada Senin (22/8) dan rencananya akan dilaksanakan selama 12 hari. Latihan ini tetap dilaksanakan meskipun Korut telah terang-terangan mengancam akan melancarkan serangan nuklir sebagai respons atas latihan militer kedua negara. Demikian sebagaimana dilansir TIME, Senin (22/8/2016).

    Selama ini, ancaman serangan rudal memang terus dilontarkan Korut. Namun, situasi saat ini menjadi berbeda dan semakin tidak terkendali. Terlebih lagi, baru-baru ini seorang diplomat senior Korut membelot ke Korsel dan ditambah lagi dengan rencana penempatan rudal THAAD di Korsel.

    Merespons hal ini, Korut mengaku tidak akan gentar menghadapi koalisi militer AS dan Korsel. Orang nomor satu di Korut, Kim Jong-un bahkan menyebut jika kedaulatan Korut (DPRK) diusik, maka mereka akan merasakan balasan mematikan dari negeri komunis.

    “Korut akan mengubah Seoul dan Washington menjadi abu dengan melancarkan serangan nuklir jika mereka menunjukkan tanda-tandaagresi terhadap wilayah kedaulatan Korut,” ujar pihak militer sebagaimana dinyatakan Kantor Berita Korut (KCNA). Bahkan, Korut dikabarkan telah siap untuk menyerang pasukan Korsel dan AS yang terlibat dalam latihan militer.

    Terkait hal ini, Kementerian Unifikasi Korsel menyampaikan penyesalan mendalam atas ancaman Korut. Ini disebabkan latihan pertahanan yang dilakukan kedua negara adalah bersifat defensif. Bahkan, Seoul dan Washington telah berulang kali mengatakan mereka tidak memiliki niat untuk menyerang Pyongyang. (Okezone.com)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Gentar Ancaman Korut, Korsel-AS Tetap Gelar Latihan Perang Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top