728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 11 August 2016

    Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam

    Sultan Amir Ahmad Bathhouse (Foto: www.amusingplanet.com)

    Merdeka.com - Pada saat Iran dipimpin Kekaisaran Safawiyah di abad 16, telah dibangun sebuah pemandian umum yang indah. Bangunan yang didirikan di Kashan ini dinamakan Sultan Amir Ahmad Bathhouse.

    Pemandian dibangun dengan desain langit-langit berkubah, mozaik dan lukisan indah, serta struktur bangunan tercantik di antara pemandian-pemandian tempo dulu yang masih bertahan hingga kini di Iran.

    Sultan Amir Ahmad Bathhouse dinyatakan sebagai warisan dunia oleh Iran Cultural Heritage Department pada tahun 1956. Keputusan pemberian nama diambil setelah Ahmad Imamzadeh Sultan Amir dimakamkan di dekat bangunan. Meskipun tak banyak orang yang mengetahui tentang hal ini.

    Pemandian umum ini berbentuk oktagonal, dengan kolam berbentuk serupa di bagian tengah. Di sekeliling kolam terdapat delapan tiang besar sebagai pembatas dengan tempat duduk di luar. Serta dilengkapi dengan sebuah aula besar.

    Sebenarnya sejak zaman peradaban kuno, rumah pemandian umum memainkan peranan penting dalam kehidupan sosial di Iran dan hal itu masih mereka lakukan hingga hari ini.

    Bathhouse dibangun bukan sekadar untuk membersihkan diri dan bersantai. Namun juga dimanfaatkan warga untuk berkumpul, bertemu, bergosip bahkan berdoa.

    Ruangan utama dinamai Garmkhaneh Sultan Amir Ahmad Bathhouse yang berisi beberapa pemandian air panas pribadi. Garmkhaneh terhubung ke Sarbineh yang berada di dekat kolam oktagonal oleh sebuah koridor yang berfungsi untuk meminimalkan panas dan kelembaban udara di antara dua daerah. Koridor menjadi semacam ruangan pertukaran udara di antara Garmkhaneh dan Sarbineh.

    Desain interior Sarbineh dihiasi dengan ubin pirus dan emas. Serta susunan batu bata beserta lukisan yang artistik. Sedangkan atap pemandian terbuat dari beberapa stupa yang berbentuk seperti kacamata cembung. Hal ini dimaksudkan agar ruangan mendapat pencahayaan yang cukup, namun tetap terjaga kerahasiaannya dari luar.

    Fenomena bathhouses telah ada di Iran sejak masa sebelum Islam. Namun setelah penduduk memeluk Islam, ribuan pemandian umum di Iran mengalami kemerosotan.

    Pasalnya, orang-orang semakin mengenal ilmu agama. Di mana salah satu ajarannya mengenai hukum kesucian dalam mencuci tubuh menjadi syarat dalam beragama, dan kemudian mandi menjadi integral dari kehidupan.

    Beberapa pemandian umum modern kini telah dilengkapi dengan shower dan bathub. Meskipun kebiasaan memakain bathouse masih ada, namun hanya menarik digunakan saat hari buruh saja atau hanya untuk wisatawan yang datang ke Iran.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top