728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 8 August 2016

    NASA Bikin Game Empat Tahun Misi Curiosity di Mars



    Jakarta, CNN Indonesia -- Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, meluncurkan permainan (game) Curiosity Rover untuk memeringati empat tahun misi penjelajahan permukaan Mars oleh kendaraan robot Curiosity.

    Game gratis yang bisa dimainkan di komputer dan perangkat mobile itu disebut "Mars Rover." Diberitakan Space.com, permainan ini bertujuan membantu pemainnya mengapresiasi apa yang dilakukan Curiosity.

    Dalam game ini, pemain mencari air yang terkubur di bawah tanah menggunakan radar, seperti apa yang dilakukan kendaraan Curiosity.

    Game ini dikembangkan oleh tim Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, bekerjasama dengan jejaring permainan GAMEE. Aplikasi dapat diunduh di mars.nasa.gov/gamee-rover.

    "Kami senang sekali mengetahui ada cara baru bagaimana orang bisa berinteraksi dengan petualangan Curiosity dan eksplorasi selanjutnya yang bakal dilakukan 2020 nanti," kata Manajer Interaksi Publik Mars JPL, Michelle Viotti, dilansir Space.com.

    "Menggunakan media sosial, pengguna bisa membagikan pengalamannya dengan teman-teman," ujarnya. "Ketertarikan yang dibagikan lewat permainan ini juga membantu kita membuka wawasan sains, teknologi, teknik dan matematika.”

    Saat ini NASA mengoperasikan dua kendaraan robotika di permukaan Mars. Selain Curiosity yang mendarat di sana sejak 2012, NASA juga memiliki kendaraan serupa bernama Opportunity yang mendarat di Mars pada 25 Januari 2004.
    Peluncuran aplikasi ini hampir bertepatan dengan ulang tahun keempat Curiosity, 5 Agustus.

    Selama berada di Mars, Curiosity menemukan beberapa bagian Mars yang mungkin pernah ditinggali kehidupan mikroba, jutaan tahun lalu. Selain itu, di kawasan tempat pendaratannya, Curiosity juga menemukan daerah yang diyakini jutaan tahun lalu pernah menjadi perairan danau dan sungai di sana.

    Saat ini, Curiosity sedang menjelajah kaki gunung Mount Sharp yang tingginya 5 kilometer dari pusat Kawah Gale.

    Rover tersebut sudah mengirimkan lebih dari 128.000 foto ke bumi dan menjelajah sejauh 13.57 kilometer di Mars.

    Opportunity dilengkapi dengan satu set alat untuk memelajari beragam bebatuan dan tanah yang dapat menunjukkan aktivitas air pada masa lalu di Mars. Misinya telah diperpanjang beberapa kali karena terus membuat penemuan baru dan mendalam.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: NASA Bikin Game Empat Tahun Misi Curiosity di Mars Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top