728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 9 August 2016

    Lima Planet Sejajar



    Jakarta, CNN Indonesia --
    Seorang astronom Australia pada Juli kemarin mengatakan lima planet di sistem tata surya akan berada di satu garis sejajar. Semua itu tampak mengagumkan, tapi nyatanya fenomena ini bukan hal istimewa.

    Setidaknya hal tersebut diungkapkan oleh ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.

    Beberapa waktu lalu Alan Duffy dari Swinburne University of Technology, Australia mengatakan bahwa Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan 'berbaris' sejajar di angkasa pada malam hari usai Matahari terbenam di bulan Agustus ini. Fenomena ini pun bisa diamati dari Bumi dengan mata telanjang.

    "Itu hal yang biasa, karena semua planet berada di sekitar garis ekliptika," kata Thomas saat dihubungi CNNIndonesia.com baru-baru ini. Thomas tidak memberi komentar lebih lanjut mengenai fenomena ini.

    Ia menyambung, "astronom tidak ada yang menganggapnya istimewa. Hanya astrolog (ahli nujum) yang memperhatikan, dikaitkan dengan ramalan bintang."

    Sekadar diketahui, Duffy memaparkan fenomena tersebut bisa terjadi karena seluruh sistem tata surya bentuknya datar seperti piringan hitam.

    Dilaporkan situs ScienceAlert, planet lebih redup yang jaraknya lebih dekat dengan Matahari seperti Merkurius dan Venus, akan susah dilihat, sehingga waktu terbaik untuk menyaksikan mereka adalah setelah Matahari terbenam.

    "Jika kita dari Bumi melihat ke arah luar angkasa, kita akan menyaksikan fenomena ini seperti garis lurus yang lebih dikenal dengan sebutan ecliptical plane," jelas Duffy kala itu.

    Namun semuanya tentu saja tergantung lokasi di bagian mananya Bumi agar bisa menyaksikan lima planet berbaris sejajar secara sempurna.

    Menurutnya, waktu terbaik untuk kawasan Australia adalah pukul 19.00 menjelang akhir Agustus.

    Sementara untuk kawasan Eropa atau Amerika Utara, mastarakat harus menunggu akhir dari Matahari terbenam sekitar pukul 21.00.

    Yang jelas, semakin jauh lokasi dari garis khatulistiwa, maka akan semakin sedikit waktu yang diperoleh untuk bisa menyaksikan lima planet berjajar secara utuh.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lima Planet Sejajar Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top