728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 8 August 2016

    Iran eksekusi mati ilmuwannya karena bocorkan rahasia nuklir ke AS



    Merdeka.com - Seorang ilmuwan nuklir Iran yang sempat hilang dan kembali ke rumah dengan selamat pada 2010 dieksekusi mati oleh pemerintah setempat. Selama hilang, pria bernama Shahram Amiri ini mengklaim dirinya telah diculik oleh CIA.

    "Mereka menculik saya dengan menaruh obat saat berada di pesawat dan menekan psikologis saya di tempat yang tidak diketahui di AS. Mereka menanyakan terkait dokumen rahasia, tetapi saya tidak pernah menukarnya dengan apa pun untuk negara," katanya pada saat itu, seperti dikutip dari koran the Daily Mail, Minggu (7/8).

    Amiri awalnya hilang saat pergi ibadah haji ke Makkah pada 2009. Namun diketahui, sosoknya muncul dalam rekaman gambar di Amerika Serikat.

    Amiri mengklaim telah ditekan oleh AS pada saat itu untuk memberikan informasi nuklir Iran kepada CIA. Dia juga mengklaim telah diculik oleh agen AS saat berada di Arab Saudi.

    Ilmuwan Iran Shahram Amiri 2016/DailyMail

    Namun, pemerintah Iran sendiri tidak percaya dan menduga jika ilmuwan ini telah menukar informasi penting negaranya dengan imbalan USD 5 juta atau setara dengan Rp 65,6 miliar.

    "Shahram Amiri telah dieksekusi karena membocorkan rahasia kepada musuh," kata pemerintah Iran.

    "Dia kami hukum gantung," tambah juru bicara pengadilan Iran ditempat eksekusi.

    Pada sesi wawancaranya pada 2010, dia menjelaskan bagaimana dugaan pemerintahnya adalah salah. Amiri menjelaskan bagaiamana proses kepulangannya ke Iran adalah dengan bantuan Kedutaan Pakistan di Washington. Mereka membantu ilmuwan ini supaya bisa pulang ke negaranya.

    Seperti diberitakan, ketidakpercayaan pemerintah Iran didukung oleh penyataan AS yang mengatakan mereka telah membayar sang ilmuwan dengan mahar USD 5 juta untuk sebuah informasi terkiat program atom Iran.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Iran eksekusi mati ilmuwannya karena bocorkan rahasia nuklir ke AS Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top