728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 4 August 2016

    Ibu Negara Singapura Pakai Dompet Seharga Rp 107 Ribu



    Liputan6.com, Washington DC - Menjadi ibu negara salah satu negara terkaya di dunia, Singapura, tak lantas membuat Ho Ching berpenampilan mewah. Pendamping PM Lee Hsien Loong itu justru tampil sederhana di berbagai kesempatan.

    Kesederhanaan juga ia tampilkan saat bertandang ke sebuah acara yang digelar di South Lawn, Gedung Putih, di Amerika Serikat belum lama ini.

    Dalam kunjungan kenegaraan yang disambut oleh Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama, Ho Ching yang tampil sederhana justru mencuri perhatian banyak orang.

    Istri PM Singapura itu mengenakan kostum mirip kebaya, dengan bawahan celana, dipadu dengan dompet bercorak dinosaurus berwarna biru.

    Dompet yang dikenakan olehnya ternyata hanya berharga 11 dolar Singapura atau sekitar Rp 107 ribu. Melalui sebuah situs, diketahui bahwa aksesoris itu dirancang oleh seorang mahasiswa Singapura di sekolah autis pertama di Negeri Singa, Pathlight.

    Awalnya, pilihan aksesoris Nyonya Ching di acara kenegaraan itu menuai kritik di dunia maya. Namun, setelah diketahui perancangnya adalah remaja 19 tahun dengan autisme bernama Seetoh Sheng Jie, pilihannya lantas menuai pujian.

    Tak hanya itu, penjualan dompet bermotif dinosaurus itu bahkan melonjak pesat.

    "Sekolah biasanya menjual 200 dompet dalam empat bulan, tapi kali ini jumlah itu terjual dalam satu hari. Semuanya terjadi setelah gambar Nyonya Ching beredar di dunia maya," kata pihak sekolah kepada BBC seperti dikutip Kamis (4/6//2016).

    Dompet yang dijual online itu sekaligus untuk mempromosikan bakat orang dengan autisme.

    Kepala sekolah Pathlight untuk para penyandang autisme, Linda Kho, mengatakan sekolah tidak menyangka bahwa Lee akan membawa dompet itu ke Washington DC. Sang Ibu Negara membelinya di sebuah acara penggalangan dana baru-baru ini.

    "Kami sangat terkejut dan merasa terhormat, bahwa Ibu Negara memilih untuk membawa dompet itu pada kunjungan resminya. Hal tersebut ikut membuat penciptanya di Artist Development Programme (ADP) merasa dihargai," kata Kho.

    "Ching dikenal sangat rendah hati dan sederhana. Fakta bahwa dia membawa dompet yang harganya kurang dari 20 dolar Singapura ke acara di panggung dunia, menunjukkan bahwa dia benar-benar percaya diri dan otentik," ujar Kho.

    Menuai Kritik

    Pilihan aksesoris sekaligus gaya berbusana Ching awalnya mendapat kritik di media sosial. Pasalnya, dia terlihat sangat kontras dengan Obama dan Michelle Obama.

    Beberapa menyebut ia bahkan membutuhkan pengarah gaya, untuk membantunya memilih kostum dalam acara kenegaraan.

    "Dia seharusnya bisa memilih sesuatu yang baik, yang lebih ceria," ucap Dr Siew Tuck Wah, seorang dokter estetika di Facebook. "Kita perlu mencarikan stylist untuknya."

    Namun, melalui website Pathlight, Jason Seetoh--ayah si pembuat dompet--mengatakan, anaknya mengaku senang hasil karyanya mendapat pengakuan dari wanita utama itu.

    "Orang tuanya merasa sangat bangga dan terhormat," ucap Shae Hung Yee, dari sekolah Pathlight.

    Ho Ching adalah seorang penasehat Resource Centre Autism (ARC) di Singapura, yang membantu mendirikan sekolah Pathlight.

    PM Lee Hsien Loong dan Ho Ching berada di Washington DC sejak Senin, 1 Agustus 2016.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ibu Negara Singapura Pakai Dompet Seharga Rp 107 Ribu Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top