728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 2 August 2016

    Desa Ini Tawarkan Wisata Menanam Terumbu Karang


    BANTEN - Indonesia terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Namun sayang, aktivitas manusia dan faktor alam menyebabkan kerusakan lingkungan. Tercatat 70% terumbu karang Indonesia mengalami kerusakan. Kondisi ini pun lebih parah dibandingkan global.

    Mengetahui hal tersebut, kelompok pelestari lingkungan, Paniis Lestari di Desa Taman Jaya, Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang Banten menghadirkan wisata menanam terumbu karang. Bersama WWF Indonesia, kelompok ini sudah menanam terumbu karang sejak tahun 2002.

    "Menanam terumbu karang menjadi wisata utama kita. Kami bersama WWF sudah menanam terumbu karang sejak tahun 2002 disekitar perairan Ujung Kulon ini," papar ketua kelompok Paniis Lestari, Doni kepada Sindonews di Pulau Badul, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

    Para wisatawan nantinya bisa merasakan sensasi menanam terumbu karang di sekitar wilayah Pulau Badul. Kelompok Paniis akan menyediakan beragam keperluan. Mulai dari kapal yang akan ditumpangi hingga peralatan diving untuk menanam terumbu karang.

    "Nanti kita sediakan semua alat divingnya, kapal bahkan sampe ke penginapan semua akan kita sediakan. Turis akan kita dampingi juga untuk menyelam, jadi nggak usah takut untuk yang nggak bisa berenang," jelasnya.

    Menariknya tak hanya diving, wisatawan juga bisa snorkling atau menikmati pemandangan dari atas kapal. "Snorkling juga bisa. Ada yang wisatawan awalnya mau snorkling aja kita persilahkan juga. Kita sediakan alatnya," kata dia.

    Meski dikelola secara swadaya, kelompok Paniis Lestari sudah mendapatkan sertifikat untuk melakukan olahraga air dan menanam terumbu karang ini. Sayangnya penanaman hanya bisa dilakukan sekitar Pulau Badul.

    "Kita sudah punya sertifikat untuk melakukan ini semua. Karena yang diizinkan untuk membuka ini yang sudah bersertifikat tapi kita hanya bisa melakukan penanaman sebatas Pulau Badul saja," pungkasnya.

    Jika Anda berminat berwisata menanam terumbu karang, bisa kunjungi Kampung Paniis Lestari, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglan, Banten. Anda bisa menggunakan rute dari Jakarta menuju Serang, Pandeglang, Labuan, Citerup, Sumur dan melanjutkan perjalanan menuju desa Taman Jaya. (SindoNews)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Ini Tawarkan Wisata Menanam Terumbu Karang Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top