728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 28 August 2016

    Begini Cara Orang Tua Mengajarkan Kepada Anaknya Untuk Menghargai Perbedaan



    Sebuah perbedaan kecil saja terkadang membuat dua orang berkelahi. Biasanya perselisihan itu dilatarbelakangi oleh perbedaan suku, agama, ras, maupun kebudayaan. Padahal mereka seharusnya sadar bahwa di dunia tidak ada yang sama.

    Berbicara mengenai perbedaan, ada kisah menarik yang diceritakan seorang muslimah di Washington, Amerika Serikat. Melalui akun media sosialnya, wanita muslim itu bernama Noor Azwaz. Ia menceritakan tentang bagaimana seorang ayah mengajarkan tentang menghargai perbedaan.

    Saat itu Noor sedang berada di restoran. Di depannya ada seorang ayah bersama kedua putrinya tengah lahap menyantap makanan. Kedua anak tersebut kemudian bertanya yang mungkin cukup membingungkan untuk menjawabnya.

    "Ayah, mengapa dia mengenakan itu (hijab) di kepalanya?" tanya salah satu anak sembari melihat pakaian yang dikenak Noor Azwaz. Ya, Noor mengenakan hijab yang membuat orang non muslim penasaran dengan ‘aksesoris’ tersebut.

    Diberitakan laman brilio.net, sang ayah terdiam sejenak seperti memikirkan jawaban yang tepat. Beberapa saat kemudian keluarlah jawaban yang membuat Noor Azwaz terkejut.

    "Di dunia ini ada beberapa agama, suku dan bahasa. Kita harus menghargai perbedaan tersebut dan belajar tentang banyak perbedaan tersebut," jawab sang ayah.

    Kemudian ayah juga memberikan contoh perbedaan itu dan pengalamannya ketika berada di luar negeri. Sementara itu, kedua anaknya yang masih polos dengan seksama memperhatikan penjelasan ayahnya.

    Kisah dari pengalaman Noor Azwaz ini ditutup dengan inti dari apa yang ia ceritakan. "Pesan moral cerita ini adalah bagaimana kamu mengajarkan tentang cinta, perdamaian, pengertian dan rasa hormat kepada anak-anak kecil sejak usia dini. Karena seorang anak akan selalu mendengar dan melihat bagaimana orangtua bertingkah laku. Oleh sebab itu, orang tua merupakan role model utama untuk karakter anak-anaknya," tutupnya. (Bacatulisan.com)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Begini Cara Orang Tua Mengajarkan Kepada Anaknya Untuk Menghargai Perbedaan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top