728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 1 July 2016

    Ternyata Bahaya Merkuri Ada di Dalam Rumah

    Mengecat rumah menjadi jurus paling sederhana untuk mempercantik rumah jelang Hari Raya Idul Fitri.
    Dalam memilih cat, sebagian besar konsumen lebih menekankan pada harga dan pilihan warna. Alhasil, faktor bahan baku cat yang bebas bahan kimia berbahaya seperti logam merkuri cenderung terabaikan.
    Padahal merkuri adalah logam berat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dosen Kimia IPB Dr Noviyan Darmawan menjelaskan keberadaan merkuri dalam cat termasuk ke dalam bentuk senyawa organologam (organik).
    Senyawa itu biasa ditemukan sebagai fenilmerkuri asetat yang berguna untuk antijamur dalam cat. Merkuri, sambung dia, dijadikan bahan dalam campuran cat karena sifatnya yang awet dan memantulkan cahaya, sehingga dapat membuat efek mengkilap dari produk cat.
    “Jenis cat dengan kadar merkuri tinggi biasanya ditemukan pada cat-cat berbasis minyak atau oil-based paint. Golongan cat berbasis minyak menggunakan pelarut organik seperti thinner dan spiritus yang berguna sebagai anti jamur, “ terang Noviyan kepada Tribunnews, Senin (27/06).
    Dia mengingatkan merkuri mudah masuk melalui tubuh cukup lewat sentuhan kulit maupun terhirup udara yang tercemar logam berat itu.
    Di lain pihak, Spesialis Toksikologi Universitas Indonesia Bambang Wispriyono, Phd, menilai merkuri yang mengendap di tubuh pasti mengganggu kesehatan.
    Sebut saja gangguan pada susunan saraf, otak, ginjal bahkan kanker pada orang dewasa. Tak hanya orang dewasa, janin yang terpapar merkuri bakal terganggu perkembangan fisik dan kecerdasannya.
    “Merkuri atau disebut juga air raksa tergolong dalam ketegori logam berat. Keberadaannya tidak diperlukan oleh tubuh sehingga keberadaannya di dalam tubuh bisa menimbulkan gangguan,” terangnya.
    Lantaran merkuri banyak menimbulkan kerugian pada tubuh, maka menjadi penting memilih cat yang bebas logam berat tersebut.
    Ada cara yang paling mudah untuk menemukan cat dengan kandungan yang bebas merkuri.
    ”Lihat keterangan tentang bahan yang tertera di kaleng cat, pastikan bebas dari merkuri. Jika memungkinkan tanyakan lembar teknikal data sheet dari produsen cat terkait atau mengunjungi websitenya secara langsung seperti di Avian Brands melalui www.avianbrands.com,” saran Novi Christiana, Deputy Marketing Director Avian Brands.
    Dia mengingatkan agar tak mudah percaya cat bebas merkuri dan ramah terhadap lingkungan hanya dari klaim produsen saja.
    ”Pengakuan ramah lingkungan dapat dibuktikan melalui Sertifikasi berstandar internasional, seperti sertifikasi ISO,” tegas Novi.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ternyata Bahaya Merkuri Ada di Dalam Rumah Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top