728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 1 July 2016

    Tak kapok-kapok, netizen bikin pelaku vandalisme kena sangsi berat


    Aksi vandalisme Casey Nocket. © Instagram/Casey Nocket
    Merdeka.com - Setelah setahun lebih bikin publik gerah, akhirnya pelaku vandalisme ini mendapatkan hukuman yang setimpal. Netizen kompak melacak jejaknya agar bisa dijerat hukum oleh yang berwajib.
    Semuanya berawal ketika Casey Nocket, 23 tahun, memamerkan hasil coretan isengnya di Instagram. Yang jadi masalah, coretan itu dia torehkan di atas formasi batu yang berada di area taman nasional Amerika Serikat. Kecaman dari netizen tidak membuat perempuan berambut pirang ini kapok. Nocket seolah menantang publik dengan mengunggah foto-foto hasil vandalisme yang lain. Dia bahkan berani menyebut dirinya seniman.
    Aksi vandalisme Casey Nocket Instagram/Casey Nocket
    Perbuatan tak bertanggungjawab Nocket menjadi sorotan publik setelah aksinya diulas oleh situs Modern Hiker pada tahun 2014. Salah satu foto dari akun Instagram Nocket kemudian diunggah ke Reddit, mengundang para pengguna untuk menyelidiki keberadaannya.
    "Aku ingin tahu apakah kita bisa membuat orang ini ditindak? Nama di akun Instagram-nya juga menunjukkan halaman FB-nya, jadi seharusnya dia tidak sulit untuk ditemukan," tulis seorang pengguna Reddit. Steve Yu, seorang penyelidik untuk Taman Nasional Yosemite juga meminta bantuan para netizen untuk menemukan si cantik pelaku vandalisme.
    Aksi vandalisme Casey Nocket Instagram/Casey Nocket
    Berkat kerjasama netizen, akhirnya Nocket berhasil ditemukan dan dijerat hukum. Pada tanggal 10 Juni-13 Juni 2016 lalu dia menjalani persidangan dan dijatuhi 2 tahun masa percobaan dan 200 jam pelayanan masyarakat setelah mengaku bersalah mengotori 7 taman nasional selama 26 hari pada musim gugur 2014. Dia juga resmi dilarang menginjakkan kaki di setiap taman nasional di 50 negara bagian AS selama masa percobaan berlangsung.
    "Kasus ini menggambarkan peran penting bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengidentifikasi dan menyebarkan bukti perilaku ilegal di taman [nasional]," tutur Charles Cuvelier, pejabat National Park Service seperti dilansir The Huffington Post (23/6).
    Saat ini National Park Service tengah melakukan upaya pembersihan di 5 taman nasional yang sempat menjadi korban keisengan Nocket.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak kapok-kapok, netizen bikin pelaku vandalisme kena sangsi berat Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top