728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 29 July 2016

    Surat Habibie ke Istana tentang Hukuman Mati


    Terpidana mati penyalahgunaan narkoba asal Pakistan, Zulfiqar Ali lolos dari eksekusi mati tahap III yang digelar Jumat (29/7/2016) dini hari di Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah.

    Bahkan sehari sebelum prosesi hukuman mati, melalui kuasa hukumnya Saut Edward Rajagukguk, Zulfiqar Ali sudah melayangkan surat permohonan grasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Penolakan hukuman mati ini juga muncul dari mantan Presiden BJ Habibie. Bahkan, Presiden ketiga RI itu juga mengirimkan surat penolakannya kepada Jokowi dan nama Zulfiqar Ali tercantum dalam surat tersebut.

    Direktur Eksekutif Habibie Centre, Ima Abdulrahim, membenarkan adanya surat tersebut.

    "Sebetulnya bapak sudah pernah menyatakan bahwa bapak menolak hukuman mati jadi memang itu prinsip bapak. Bapak tidak setuju dan itu dari awal sudah jelas," jelas Ima kepada Okezone, Jumat (29/7/2016).

    "Kenapa Zulfiqar Ali? Karena informasi yang lengkap ke bapak (Habibie) hanya tetang Zulfiqar Ali. Secara lengkap berkasnya baru dia. Bapak tidak akan menyebut nama kalau tidak tahu informasi tentang orang lain. Istilahnya yang dibawa ke bapak hanya dia," tuturnya.

    Namun, secara garis besar, Ima Habibie menerangkan, melalui suratnya meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan moratorium putusan hukuman mati secara keseluruhan.

    "Bapak juga memohon untuk meninjau keputusan, termasuk juga menyarankan presiden untu mempertimbangkan kembali kebijakan moratorium hukuman mati. Dan posisi bapak sudah jelas mengenai penolakan ini sejak lama," katanya.

    Menurut Ima, sejak surat dilayang Rabu 27 Juli 2016, pihak Istana belum memberikan respos terkait surat tersebut.

    "Secara langsung ke Pak Habibie belum ada setahu saya. Tadi malam saya meninggalkan rumah bapak cukup malam sampai malam belum ada yang nelepon bapak juga. Sebetulnya Bapak Habibie tidak berharap bahwa presiden menyurati atau merespons secara langsung. Pak Habibie juga sadarlah Pak Presiden juga sibuk pastinya," ujarnya.

    http://news.okezone.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surat Habibie ke Istana tentang Hukuman Mati Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top