728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 1 July 2016

    Setelah Tomat, Bayam Diharapkan Bisa Tumbuh di Mars

    Ilustrasi Planet Mars ( MR1805/Thinkstock)

    Tomat sejak beberapa bulan lalu mampu menyusul keberhasilan kentang yang tumbuh di lingkungan simulasi layaknya Planet Mars. Kini, ilmuwan memilih sejumlah sayuran lain untuk diuji coba.

    Para ilmuwan telah berhasil membuktikan keberhasilan penanaman tomat di lingkungan 'Mars'. Sejak Maret kemarin, peneliti di Belanda telah mencoba menanam 10 jenis tanaman di tanah yang diambil dari gunung berapi di Hawaii yang dipercaya mirip dengan kondisi permukaan di Planet Merah.

    Sebanyak 10 jenis tanaman tersebut terdiri dari kacang polong, seledri, lobak, bawang bombay, bawang merah, hingga bayam.

    Tomat pun betul-betul bisa tumbuh dengan sempurna di sana, sama seperti halnya kentang.

    Nah, kini mereka telah menambah daftar sayuran yang kira-kira berpotensi bisa tumbuh untuk dikonsumsi di Mars. Mereka adalah kacang hijau dan bayam.

    Mengutip The Telegraph, peneliti asal Wageningen University & Research Centre, Wageningen, Belanda meyakini, mereka bisa menguju coba tingkat vitamin, flavonoid, dan alkaloid di dalamnya agar bisa tahu mengenai kesehatan dan kandungannya bagi tubuh manusia.

    Sama halnya seperti menanam tomat, tim peneliti menaruh perhatian lebih pada tanah permukaan di sana yang mengandung senyawa logam berbahaya. Hal itu bisa beracun bagi manusia.

    Untungnya, sejauh ini eksperimen yang dilakukan membuktikan bahwa tumbuhan tomat dan kentang tumbuh dengan baik dan sehat.

    "Untuk lobak, kacang polong, gandum hitam, dan tomat sudah kami analisis dan hasilnya sangat menjanjikan. Kita bisa memakannya," kata pimpinan penelitian Wieger Wamelink.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Setelah Tomat, Bayam Diharapkan Bisa Tumbuh di Mars Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top