728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 21 July 2016

    Presiden Gambia minta Indonesia tingkatkan kerja sama sektor tani

    mesin panen pertanian karya anak bangsa. ©2016 merdeka.com/arie basuki

    Merdeka.com - Sebagai negara sahabat, Indonesia dinilai memiliki pengaruh besar bagi Afrika Barat, khususnya Gambia. Hal itu diungkap langsung oleh sang presiden, Yahya Jammeh. Ungkapan tersebut diterima baik oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Islam Gambia, Mansyur Pangeran, saat menyerhakan Surat Kepercayaan di Kompleks Istana Kepresidenan Gambia, Rabu (20/7).

    Lewat kesempatan pertemuan antar dua negara sahabat ini, Presiden Jammeh menyatakan ketertarikan dan ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang pertanian.

    "Kerja sama tersebut khususnya dalam bidang pertanian, yakni pembangunan Agricultural Rural Farmer Training Center (ARFTC) di Jenoi Gambia yang dilakukan Indonesia melalui Yayasan Amal Masyarakat Petani Indonesia (YAMPI) pada tahun 1998," ungka Dubes Mansyur, seperti siaran pers kepada Merdeka.com, Jumat (22/7).

    Presiden Gambia dan Dubes RI 2016/rilis KBRI Dakar

    Seperti diketahui, ARFTC merupakan pusat pelatihan petani/penyuluh Indonesia yang dibangun dalam rangka memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada para petani/penuyuluh dari Gambia dan negara-negara sekitarnya di Afrika Barat.

    Menurut Presiden Jammeh sendiri bidang kerja sama sektor pertanian merupakan prioritas utama Gambia. Adapun beberapa mesin/peralatan pertanian yang diminati Gambia, antara lain traktor tangan, mesin penggiling padi, dan alat pertanian lainnya.

    Presiden Jammeh berharap kerja sama ekonomi terutama ekspor produk-produk Indonesia di Afrika Barat bisa lebih ditingkatkan.

    "Agar Indonesia bisa menyelenggarakan pameran dagang di Banjul, Gambia pada bulan Desember 2016 dengan menghadirkan para pengusaha Indonesia untuk memamerkan produk-produk unggulan Indonesia di Gambia," pinta Presiden Jammeh pada Dubes RI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Presiden Gambia minta Indonesia tingkatkan kerja sama sektor tani Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top