728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 18 July 2016

    Menteri Susi kecewa pengadilan bebaskan kapal asing pencuri ikan

    Susi Pudjiastuti. ©Efrimal Bahri

    Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku kecewa karena Pengadilan Negeri Tanjung Pinang memberi vonis bebas terhadap kapal MV Selin 78 GT yang berbendera Equatorial Guinea yang diduga melakukan illegal fishing. Untuk itu, pihaknya akan mengajukan kasasi terhadap keputusan tersebut.

    "Saya ingin sampaikan berita kurang menyenangkan, atau tidak sesuai dengan semangat yang kita tegakkan soal illegal fishing di Indonesia. Keputusan pengadilan Tj Pinang, bebaskan kapal Selin, kapal yang warga negaranya Singapura ada 13 orang, lakukan pemancingan, pancingnya banyak sekali di perairan Indonesia," kata Susi di Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (18/7).

    "Kapal ini aneh, diawaki Singapura, nangkapnya di perairan kita, sangat kecewa, berharap keputusan ini dikasasi, agar dimenangkan kembali, gak ada pasal yang haruskan mereka bebas, jelas asing, masuk wilayah Indonesia kena UU keimigrasian juga," tambahnya.

    Susi sendiri telah mengajukan kasasi pada Senin (11/7) lalu ke pengadilan Tanjung Pinang. Dalam Kasasi tersebut, pihaknya memberikan tuntutan denda sebesar Rp 1,5 miliar, penyitaan barang bukti, serta hukuman 2 tahun penjara.

    "Konsensus nasional pelaku ilegal fishing sita, atau tenggelamkan dan kandaskan jadi monumen," kata dia.

    Diharapkan, kasasi yang diajukan pihaknya bisa diterima pengadilan agar kasus serupa tidak dijadikan bahan percontohan oleh kapal asing lain.

    "Jangan sampai pembebasan kapal ini membuat ribuan kapal lainnya yang sudah pergi dari Indonesia kembali lagi ke sini. Nanti mereka berpikir Indonesia memiliki celah untuk mencuri dan bebas," pungkasnya.


    http://www.merdeka.com/

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menteri Susi kecewa pengadilan bebaskan kapal asing pencuri ikan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top