728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 26 July 2016

    Demi Bisnis Media dan Iklan, Verizon Beli Bisnis Inti Yahoo

    Ilustrasi. (REUTERS/Albert Gea)

    Jakarta, CNN Indonesia -- Verizon Communications mengatakan Senin (25/7) bakal membeli bisnis Internet yang selama ini jadi 'jantung' usaha Yahoo Inc senilai US$4,83 miliar tunai guna memperkuat bisnis media dan iklan digital.

    Yahoo diharapkan bisa memperkuat bisnis Internet AOL yang dibeli Verizon tahun lalui sebesar US$4,4 miliar dengan mengandalkan alat teknologi Yahoo seperti mesin pencari, media, dan Yahoo Mail.

    "Yahoo memberi kami skala dan itu adalah apa yang paling penting di sini. Kami ingin bersaing dan itu adalah tempat kita perlu," tutur Marni Walden, kepala inovasi produk dan bisnis baru Verizon, seperti dikutip Reuters dari CNBC.

    Kesepakatan ini diharapkan akan diselesaikan pada awal 2017 yang bakal menandai akhir operasional perusahaan Yahoo.

    Namun, penjualan ini tidak termasuk kepemilikan saham Yahoo Inc sebesar 15 persen di perusahaan e-commerce Alibaba Group Holding asal China, 35,5 persen kepemilikan saham di Yahoo Jepang, investasi minoritas tertentu, dan paten non-inti milik Yahoo.

    Saat ini, investasi Yahoo di Alibaba dan Yahoo Jepang bernilai US$40 miliar dalam kapitalisasi pasar keduanya. Sementara Yahoo Inc memiliki nilai pasar US$37,4 miliar pada penutupan perdagangan saham Jumat (22 Juli 2016).

    Marissa Mayer yang sebelumnya adalah CEO Yahoo, berencana untuk tetap berada di perusahaan itu.

    Tetapi untuk sementara, Waden akan memimpin perusahaan gabungan ini, karena kepemimpinan baru belum ditentukan.

    Verizon yang beroperasi di Amerika Serikat, dalam beberapa tahun terakhir ini berusaha mencari sumber pendapatan baru dari iklan digital di tengah pasar telekomunikasi nirkabel yang jenuh.

    Verizon bisa memanfaatkan data pengguna AOL dan Yahoo kepada lebih dari 100 juta pelanggan telekomunikasi nirkabelnya untuk menyalurkan iklan digital berdasarkan perilaku dan preferensi online.

    AOL sendiri merupakan induk dari sejumlah portal berita ternama termasuk The Huffington Post, Engadget, dan TechCrunch.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Demi Bisnis Media dan Iklan, Verizon Beli Bisnis Inti Yahoo Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top