728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 20 July 2016

    Alasan penyebaran dan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI

    Demo PKI. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

    Merdeka.com - Saat terjadi Perang Dunia, dunia terbagi menjadi Blok Barat dengan paham liberalis dan Blok Timur dengan paham komunisnya. Ternyata, paham komunis itu juga sampai ke Indonesia melalui perantara kaum radikal dari Belanda. Mereka segera membentuk ISDV yang berkembang menjadi Partai Komunis Indonesia yang kita kenal. Komunisme menjadi sangat menarik untuk para terjajah karena mereka berpikir bahwa mereka akan segera bebas dari kekangan para penjajah. Itulah yang menjadikan komunisme bisa menyebar dengan sangat cepat di kalangan rakyat Indonesia.

    Di saat yang bersamaan, pemerintah Belanda segera melakukan penangkapan kepada orang-orang PKI yang melakukan gerakan-gerakan politik. Semaun dan Darsono segera melarikan diri ke Rusia. Posisi pemimpin PKI segera diganti dengan Tan Malaka. Karena Sarekat Islam dan PKI ikut serta dalam aksi mogok besar-besaran di tahun 1922, maka Tan Malaka dan Abdul Muis segera ditangkap dan diasingkan. Setelah itu, PKI bergabung dengan Comintern atau Communist International.

    Setelah insiden itu, Sarekat Islam terbagi menjadi Sarekat Islam putih dan Sarekat Islam merah. Sarekat Islam Putih dipimpin oleh Haji Agus Salim dan memutuskan hubungan dengan partai komunis itu. Karena kondisi sosio politik akan menguntungkan PKI kalau terus dilakukan, maka Cokroaminoto segera mengambil langkah. Dia melakukan disiplin partai di tahu 1923. Penerapan disiplin itu dianggap melarang anggota Sarekat Islam yang menjadi anggota PKI juga.

    PKI ini mendapat dukungan dari kalangan buruh. Di tahun 1926 hingga 1927, pimpinan PKI terus melakukan pemberontakan dan pimpinannya dibuang ke wilayah Boven Digul. Meskipun pernah menjadi ancaman serius untuk negara, pemerintah sudah berhasil mengatasi masalah ini sampai ke akarnya sehingga paham Indonesia tetap Pancasila.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Alasan penyebaran dan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top