728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 18 July 2016

    5 Penyebab Mengapa Anda Disukai Nyamuk


    Nyamuk pembawa virus Dengue biasanya mengigit daerah kaki. Karena itu, keluarlah dengan mengenakan celana panjang.



    Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami bagaimana pasukan nyamuk tampak menyerang Anda sementara teman atau orang lain yang kebetulan saat itu bersama Anda tidak merasakan apa-apa?

    Menurut Joseph M. Conlon, seorang ahli serangga sekaligus penasihat teknis untuk American Mosquito Control Association terdapat beberapa faktor mengapa nyamuk lebih suka kepada Anda dibandingkan teman atau orang lain. Berikut 5 alasan mengapa Anda dicintai Nyamuk, seperti dikutip dari Health, Selasa (19/7/2016)


    1. Anda sedang Hamil

    Nyamuk betina (jenis yang menggigit) memiliki syaraf khusus untuk mendeteksi gas CO2. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan bahwa wanita pada tahap akhir kehamilan (dengan usia kehamilan rata-rata 28 minggu) mengembuskan napas 21 persen lebih banyak CO2 dibandingkan mereka yang tidak hamil.

    Para peneliti berspekulasi bahwa perbedaan fisiologis ini bisa membantu menjelaskan mengapa wanita hamil yang berpartisipasi dalam percobaan menarik dua kali lebih banyak nyamuk. “Tapi CO2 mungkin bukan satu-satunya alasan nyamuk menggigit Anda. Ini juga karena perempuan hamil memancarkan bau volatile yang menarik serangga” kata Laura Harrington, PhD , seorang profesor di departemen entomologi di Universitas Cornell.

    2. Anda Berkeringat

    “Asam laktat, produk sampingan dari aktivitas fisik yang berat, yang dibuang melalui keringat menjadi atraktan (bau perangsang) bagi nyamuk”jelas Conlon. Saat berkeringat, suhu tubuh lebih tinggi. Naiknya suhu tubuh menjadi daya tarik bagi nyamuk.

    3. Anda memiliki golongan darah O

    Sama seperti Anda yang memiliki favorit rasa, nyamuk pun memiliki apa yang disebut preferensi arahan. Dan salah satunya ada hubungannya dengan apa yang berjalan melalui pembuluh darah.

    Sebuah studi dalam Journal of Medical Entomologi menemukan bahwa nyamuk tertarik pada individu dengan golongan darah O. "Golongan darah O memiliki kecenderungan untuk memancarkan bau tertentu yang menarik bagi nyamuk.”terang Conlon.

    4. Anda peminum bir/alkohol

    Minuman keras bisa menyebabkan Anda lebih banyak digigit nyamuk. Sebuah studi yang dilakukan di Afrika Barat pada pria yang minum bir mengungkapkan bahwa konsumsi bir secara konsisten meningkat daya tarik bagi nyamuk.

    5. Gen membuat Anda lebih menarik

    Para ilmuwan dari London School of Hygiene & Tropical Medicine melaporkan bahwa orang-orang tertentu menghasilkan obat nyamuk alami, suatu sifat yang tampaknya dikendalikan secara genetik.

    Jika Anda menjadi salah satu dari orang-orang yang dicintai nyamuk, Nora Besansky, PhD, seorang profesor di departemen ilmu biologi di Notre Dame memberikan saran. "Cara paling sederhana adalah dengan menempatkan penghalang antara kulit dan gigitan nyamuk, yakni dengan menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang. Dia juga merekomendasikan penyemprotan diri dengan produk yang mengandung DEET atau diethyl-meta-toluamide,”jelas Besansky
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 5 Penyebab Mengapa Anda Disukai Nyamuk Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top