728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 17 June 2016

    Yuk Melipir ke Kampung Code Yogyakarta yang Unik



    Yogyakarta, sebuah kota yang begitu istimewa dan berkesan. Paling tidak begitulah yang sering diungkapkan oleh mereka yang pernah tinggal di kota ini. "Setiap sudutnya sangat romantis," kata mereka. Meski saat ini di beberapa bagian sudah terlalu padat dengan bangunan modern seperti hotel dan kendaraan bermotor, kota ini selalu dirindukan. Apalagi Malioboronya. Namun, jika anda sedang berada di Malioboro, sempatkanlah untuk melipir ke arah timur Malioboro. Anda akan menemukan Kampung Code yang unik.



    Keunikan Kampung Code ini bahkan diakui oleh arsitek dunia. Tak heran, Kampung Code awalnya didirikan oleh seorang tokoh yang terkenal yaitu Romo YB Mangunwijaya, yang merupakan seorang arsitek. Romo Mangun, begitu beliau biasa disapa mendirikan Kampung Code di daerah Kotabaru, yang terletak di tengah-tengah kota Yogyakarta, tepat di pinggir sungai legendaris, Sungai Code yang membelah kota Yogyakarta.



    Hingga saat ini, bantaran Sungai Code atau lebih akrab disebut Kali Code masih digunakan warga sebagai tempat tinggal. Kontur tanah yang seperti tebing dirancang sedemikian rupa sehingga bisa ditinggali. Bagian atas yang dekat dengan jalan raya banyak dimanfaatkan warga untuk membuka jasa seperti tambal ban atau bengkel, sementara bagian bawah digunakan sebagai tempat tinggal.



    Menurut salah satu tokoh masyarakat, Darsem, yang juga merupakan ketua RW01, Kampung Code dulu merupakan kampung yang cukup kumuh dan kurang tertata. Hingga pada era 80an datanglah Romo Mangun bersama para mahasiswa dan relawan menata perkampungan Code tersebut. Oleh mereka, rumah-rumah tersebut ditata disesuaikan dengan kontur tanah.





    Selain itu, fasilitas umum seperti MCK, sumur, tempat pertemuan warga, serta jalan-jalan yang menghubungkan rumah dibangun. Hingga sampai sekarang, perkampungan Code yang seperti itu dipertahankan. Namun, warga memperbarui cat rumah sehingga menjadi perkampungan yang menarik. Sekilas, cat warna-warni ini mengingatkan pada perkampungan serupa yang ada di Rio de Janeiro, Brazil.


    Sebagai perkampungan yang memiliki desain arsitektur unik, Kampung Code sering dikunjungi oleh para mahasiswa arsitektur yang ingin belajar tentang arsitek di Kampung Code. Salah satu yang terkenal adalah desain tiang berbentuk huruf A yang dirancang oleh Romo Mangun. Popularitas Kampung Code bahkan telah mendunia. Kampung Code pernah mendapatkan penghargaan Aga Khan Award for Architecture pada tahun 1992 lalu.


    Nah, jangan lupa melipirlah ke tmur jika anda sedang berada di Malioboro, disana anda akan disambut dengan perkampungan warna-warni yang bisa dinikmati dari atas jembatan Gondolayu yang tepat membentang di atas Kali Code. Atau ingin blusukan ke Kampung Code, jangan lupa bawa kamera.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Yuk Melipir ke Kampung Code Yogyakarta yang Unik Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top