728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 15 June 2016

    Volkosob, Pasukan Spesial Penjaga Perbatasan Rusia

    Rusia merupakan negara yang mempunyai wilayah terluas di dunia. Dengan luas seperti itu, dibutuhkan banyak tenaga untuk menjaga dan mengamankan wilayah-wilayah tertentu, terutama wilayah perbatasan. Menjaga perbatasan wilayah dengan luas mencapai 12,5% dari seluruh wilayah daratan dunia tentunya akan sangat sulit. Namun Rusia memiliki cara sendiri dalam menjaga wilayah perbatasan.


    Adalah pasukan bernama Volkosob, yang menjadi pasukan spesial pemerintah Rusia dalam menjaga wilayah perbatasan. Pasukan ini benar-benar berbeda dengan pasukan-pasukan pengamanan lain di dunia karena pasukan ini terdiri dari anjing-anjing khusus, yang merupakan campuran antara anjing dan serigala. Pasukan Volkosob ini juga telah dilatih secara khusus layaknya tentara.

    Secara fisik, Volkosob lebih terlihat seperti serigala daripada anjing, namun sangat terlatih layaknya anjing. Kekuatan fisik serta ketahanan tubuh Volkosob sangat mirip dengan serigala, namun sangat patuh seperti anjing. Pemerintah Rusia membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan ras pilihan ini, riset bertahun-tahun serta kegagalan berkali-kali sebelum ras unggulan ini lahir.

    Akhirnya pada tahun 2000, seorang ilmuwan dan pakar hewan dari Prem Institute of Internal Troops, berhasil menemukan genetika yang tepat. Saat itu yang menjadi kunci keberhasilan penelitian itu adalah seekor spesies anjing bernama Naida, yang merupakan Caspian Sea Wolf. Naida merupakan anjing yang telah memiliki darah serigala namun telah jinak.

    Sepuluh tahun kemudian, Naida melahirkan 40 ekor Volkosob atau bahasa Rusia untuk wolf-dog, campuran antara anjing dan serigala. 40 ekor inilah yang menjadi asal muasal seluruh Volkosob di seluruh wilayah Rusia. Keturunan pertama Volkosob telah dilatih berbagai keahlian seperti mendeteksi atau melacak bahan peledak atau barang selundupan. Sementara karakter terbaik dari Volkosob adalah antusiasme. Seekor Volkosob terlatih berharga kurang lebih $2,000 hingga $3,000 meskipun pemerintah Rusia tak menjual anjing unik ini.

    Penciuman anjing serigala ini sangat luar biasa, melebihi kemampuan penciuman anjing gembala Jerman. Dalam melacak penjahat, anjing gembala Jerman butuh waktu sekitar empat menit, sementara Volkosob hanya membutuhkan waktu 20 detik. Daya penciuman Volkosob sangat tajam, lebih kuat enam kali dari penciuman anjing biasa. Stamina, dan kekuatan gigitan rahang mereka juga lebih kuat dari anjing. Bahkan Volkosob bisa melacak penjahat selama dua hari berturut-turut tanpa istirahat.

    Namun yang lebih istimewa dari semua itu, Volkosob tidak takut dengan suara keras seperti tembakan sehingga bisa digunakan di medan pertempuran. Dalam menyerang sasaran, Volkosob akan langsung menyerang leher atau selangkangan target, sehingga target lebih mudah dilumpuhkan. Dengan kemampuan istimewa itu, Volkosob juga sering dijadikan aset yang berharga untuk diselundupkan, namun sangat sulit untuk menyelundupkan anjing spesial ini. Ketahuan menyelundupkan Volkosob, sama dengan bunuh diri. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Volkosob, Pasukan Spesial Penjaga Perbatasan Rusia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top