728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 2 June 2016

    Terungkap, Belati Firaun Tutankhamun Dibuat dari Meteorit

    Sebuah penelitian mengungkap bahwa pisau belati yang dimakamkan di samping Raja Firaun Tutankhamun dibuat dari meteorit yang jatuh dari luar angkasa.

    Pisau belati itu ditempatkan di sarkofagus sebelah kanan paha mumi Raja Firaun Tutankhamun. Penelitian dilakukan oleh Politeknik Milan, Pisa University dan Museum Mesir di Kairo.

    Tim peneliti menganalisis pisau belati Tutankhamun, salah satunya dengan X-ray. Hasil penelitian mereka telah dipublikasikan di Meteoritics and Planetary Science Journal.


    Makam Raja Firaun Tutankhamun pertama kali ditemukan oleh arkeolog Howard Carter pada tahun 1922. Temuan itu memicu daya tarik di seluruh dunia. Ada dua bilah temuan di samping mumi Raja Mesir Kuno tersebut, yakni pisau besi dan sarung emas.

    Daniela Comelli yang memimpin penelitian mengkonfirmasi bahwa pisau belati besi tersebut memang berasal dari meteorit.

    ”Besi meteorit jelas ditunjukkan oleh adanya persentase yang tinggi dari nikel,” kata Comelli yang dikutip Discovery News, semalam (1/6/2016).

    Belati Firaun Tutankhamun terdiri dari hampir 11 persen nikel atau hampir tiga kali jumlah yang ditemukan di artefak yang dihasilkan dari penggalian bijih besi.

    Tim kemudian melangkah lebih jauh untuk menemukan sumber atau bahan baku pisau belati itu. 

    "Kami mempertimbangkan bahwa semua meteorit ditemukan di dalam area seluas 2.000 kilometer, yang berpusat di Laut Merah, dan (penelitian) kami berakhir dengan 20 meteorit besi,” kata Comelli.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terungkap, Belati Firaun Tutankhamun Dibuat dari Meteorit Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top