728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 15 June 2016

    Sensasi Mengapung di Danau Air Asin Sumba

    Secara umum, kebanyakan danau merupakan kumpulan dari air tawar yang membentuk semacam kolam alami. Sangat jarang ditemui danau berair asin. Namun jika ada yang penasaran dengan sensasi atau pesona danau air asin, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur mempunyai danau air asin. Danau air asin di Sumba ini disebut Danau Weekuri, yang mempunyai kadar garam cukup tinggi sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi mengapung di danau ini.


    Danau Weekuri merupakan danau yang terbentuk dari terowongan yang langsung bersumber ke laut. Air laut masuk melalui terowongan yang ada di bawah batu-batu karang dan membentuk sebuah danau berair asin yang selain indah namun juga sangat menyegarkan. Airnya biru jernih, karena langsung bersumber dari laut. Selain itu pemandangan di Danau Weekuri juga sangat mempesona. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sembari mengapung di Danau Weekuri.


    Namun bagi pengunjung yang ingin menuju danau ini harus berusaha cukup keras karena tak ada penunjuk jalan meski danau ini sudah dikenal sebagai tempat wisata cukup lama. Akses jalan menuju Danau Weekuri cukup sempit, hanya muat satu mobil dengan semak belukar di kiri kanan. Sebenarnya Danau Weekuri bisa ditempuh dari Tambolaka dalam waktu 30 menit saja.

    Meski sulit, Danau Weekuri dipenuhi pengunjung setiap weekend atau hari libur. Mereka menghabiskan waktu di Danau Weekuri dengan berbagai cara ada yang memancing, atau merasakan sensasi mengapung di danau berair asin ini. Sebagai tempat wisata yang cukup ramai, banyak warga asli yang membuka usaha di sekitar Danau Weekuri. Dari makanan khas Sumba hingga aksesoris yang dibuat langsung oleh warga Sumba seperti ikat kepala tenun khas Sumba, gelang akar, dan lain-lain.

    Yang cukup disayangkan adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap Danau Weekuri ini. Sebagai salah satu wisata populer, terdapat beberapa hal yang harus dibenahi seperti akses jalan yang nyaman serta rambu-rambu penunjuk jalan menuju Danau Weekuri ini sehingga pengunjung yang ingin menikmati sensasi mengapung di danau air asin Weekuri tak kesulitan untuk menemukan danau indah ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sensasi Mengapung di Danau Air Asin Sumba Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top