728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 1 June 2016

    Microsoft Jual Paten Teknologi ke Xiaomi


    Seseorang yang sedang menggunakan ponsel pintar melintasi logo Xiaomi di acara peluncuran ponsel Xiaomi Mi Note yang berlangsung di Beijing, China, 15 Januari 2015. (REUTERS/Jason Lee)

    Jakarta, CNN Indonesia -- Pembuat peranti lunak Microsoft telah menjual sekitar 1.500 paten teknologi kepada produsen perangkat mobile Xiaomi, Rabu (1/6), sekaligus menandai kemitraan jangka panjang bagi kedua perusahaan itu.

    Kesepakatan ini termasuk lisensi silang untuk paten teknologi dan komitmen Xiaomi untuk menginstal peranti lunak milik Microsoft, termasuk Office dan Skype pada ponsel dan tabletnya.

    Kedua perusahaan ini menolak untuk membahas hal keuangan. Banyak pihak menilai langkah Microsoft ini jarang dilakukan oleh perusahaan Amerika Serikat.

    Wakil Presiden Senior Xiaomi, Wang Xiang berkata, paten Microsoft yang diakuisisinya antara ain komunikasi suara, multimedia, dan komputasi awan. Ia menyebut ini “sebagai langkah maju yang penting untuk mendukung ekspansi kami secara internasional.”

    Analis mengatakan Xiaomi punya ambisi untuk jadi pemain utama di luar pasar China, tetapi mereka terhambat oleh perlindungan paten yang lemah dan menghindari pertempuran hukum paten jangka panjang.

    “Kesepakatan ini memberi Xiaomi cukup harta paten untuk pindah ke pasar Barat,” kata Sameer Singh, seorang analis pasar teknologi asal Inggris, seperti dikutip Reuters.


    Menurutnya, Xiaomi harus memperluas pasar ke luar China karena di dalam negeri mereka diserang secara konstan oleh vendor Android yang bahkan berani menjual produk lebih rendah, sehingga mereka harus bergerak cepat.

    Berdasarkan data Strategy Analytics, pengiriman ponsel Xiaomi di China dari tahun ke tahun turun 9 persen pada kuartal pertama. Pangsa pasarnya turun menjadi 12 persen dari 13 persen. Xiaomi bukan hanya mendapat tekanan dari Huawei dan Samsung, tetapi juga dari Oppo dan Vivo.

    Pada bulan ini, Xiaomi siap untuk menjual set top box berbasis Android untuk televisi pintar di pasar Amerika Serikat berkat kerja sama dengan Alphabet sang induk usaha Google.

    Xiaomi juga mulai memasarkan tablet yang berjalan dengan sistem operasi Windows dari Microsoft.


    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160601083055-185-134929/microsoft-jual-paten-teknologi-ke-xiaomi/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Microsoft Jual Paten Teknologi ke Xiaomi Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top