728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 17 June 2016

    Mengintip 9 Pedang Milik Nabi Muhammad SAW

    Dalam upaya untuk menegakkan agama Islam, umat muslim pada masa Nabi Muhammad SAW, bahkan Nabi sendiri tak jarang harus bertempur untuk mempertahankan serangan-serangan dari pihak lain. Tercatat beberapa perang yang harus dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para umat muslim, beberapa diantaranya sangat terkenal, seperti Perang Badar. Dalam perang-perang tersebut, Nabi Muhammad SAW menggunakan pedang yang khusus. Dan inilah beberapa pedang milik Nabi Muhammad SAW yang kini banyak yang tersimpan di Turki.

    AL MA'THUR
    Salah satu pedang pertama yang dimiliki Rasulullah SAW. Beliau mendapatkan pedang ini sebelum mendapat wahyu kenabian. Pedang ini merupakan peninggalan dari ayahnya. Namun kelak, Nabi SAW memberikan pedang bergagang emas sepanjang 99 cm ini kepada salah satu sahabatnya yaitu Ali bin Abi Thalib. Di dekat pegangan pedang terdapat sebuah tulisan berbunyi Abdallah bin Abd Al Mutalib. Pedang Al-Ma'thur kini disimpan di Museum Topkapi, Istanbul, Turki.

    AL 'ADB
    Pedang Nabi SAW selanjutnya adalah Al 'Adb yang mempunyai arti memotong, atau bisa juga diartikan dengan tajam. Pedang inilah yang digunakan oleh Nabi SAW dalam Perang Badar. Para sahabat mengirimkan pedang ini kepada Nabi SAW sesaat sebelum Perang Badar dimulai. Pedang ini juga dipakai oleh Rasulullah SAW dalam Perang Uhud. Pedang Al 'Adb kini disimpan di Masjid Husain yang ada di Kairo, Mesir.

    DHU AL FAQR
    Pedang ketiga dalam daftar pedang Nabi Muhammad SAW adalah Pedang Dhu Al Faqr, yang merupakan pedang rampasan perang dalam Perang Badar. Oleh Nabi SAW pedang ini diberikan kepada Ali bin Abi Thalib, namun pada saat Perang Uhud, Ali mengembalikannya pada Nabi SAW dengan penuh darah. 

    AL BATTAR
    Dari pedang-pedang Nabi SAW, mungkin pedang ini adalah salah satu yang paling unik. Pedang Al Battar merupakan pedang rampasan perang dari seorang bernama Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut juga sebagai Pedangnya Para Nabi, karena di bilahnya terdapat tulisan nama-nama nabi, seperti Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, terdapat pula ukiran ketika Nabi Daud AS memotong kepala Goliath. Selain tulisan nama nabi dan gambar itu, terdapat pula tulisan berbunyi Nabataean. Pedang yang kini tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul, Turki ini konon akan digunakan oleh Nabi Isa AS untuk membunuh Dajjal.

    HATF
    Sama seperti pedang Nabi SAW sebelumnya Al Battar, Pedang Hatf juga merupakan rampasan perang dari Banu Qaynaqa. Ketika Nabi Daud AS merampas pedang Al Battar milik Goliath, Nabi Daud AS membuat sebuah pedang yang mirip dengan Al Battar tetapi lebih besar, dan hasilnya adalah Pedang Hatf ini. Sebelum pedang ini jatuh ke tangan Nabi SAW, pedang ini digunakan oleh Suku Levita, hingga kemudian sampai ke tangan Nabi SAW. Sama seperti Al Battar, pedang Hatf kini tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

    AL MIKHDAM
    Pedang Nabi Muhammad SAW yang satu ini dikatakan merupakan pemberian dari Ali bin Abi Thalib. Namun ada yang mengatakan bahwa pedang ini diberikan oleh Nabi SAW kepada Ali dan kemudian diwariskan kepada anak-anak Ali. Di salah satu bagian pedang itu tertulis sebuah tulisan berbunyi Zayn al Din al Abidin. Pedang ini juga tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

    AL RASUB
    Pedang milik Nabi Muhammad SAW yang satu ini merupakan salah satu pedang yang berharga. Pasalnya, konon pedang ini dijaga ketika berada di dalam rumah Nabi SAW, layaknya benda pusaka yang penting. Pedang yang tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul ini mempunyai sebuah tulisan di salah satu bagiannya yang berbunyi Ja'far al Sadiq.

    AL QADLIB
    Pedang Nabi Muhammad SAW yang satu ini merupakan pedang yang tipis dan kecil sehingga mirip tongkat. Pedang ini digunakan oleh Nabi SAW khusus sebagai pedang perlindungan diri, dan bukan untuk perang. Di bagian pedang tertulis bunyi dua kalimat syahadat. Pedang sepanjang 100 cm ini kini disimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

    QAL'A
    Pedang milik Nabi Muhammad SAW yang dinamakan Qal'a ini merupakan pedang yang memiliki desain berbeda dengan pedang-pedang yang lain karena bergelombang. Pedang yang juga dinamakan Qal's atau Qul'ay ini disebut-sebut ditemukan oleh kakek Nabi SAW ketika ia menemukan sumber air zamzam di Mekkah. Pedang ini sekarang tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengintip 9 Pedang Milik Nabi Muhammad SAW Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top