728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 2 June 2016

    Keren, 5 mahasiswa Indonesia sukses bikin mobil bertenaga kapur

    ilustrasi mobil. ©2014 Otosia.com

    Siapa bilang mahasiswa Indonesia nggak kreatif? Anggapan itu sudah banyak dipatahkan oleh berbagai penemuan luar biasa yang dilakukan selama ini. Salah satunya adalah oleh 5 orang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, yang sukses membuat mobil dengan tenaga kapur yang direaksikan dengan larutan asam. Nah, atas penemuan itu, mereka berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi Chem E-Car di Perth, Australia.

    Apa yang dilakukan oleh Dobita A Feliciana, Rizka Dwi Octaria, Dwi C Pujayanti, Afida Khofsoh, dan Sidiq Darmawan itu memang sangat menginspirasi. Saat mungkin sebagian dari teman mereka mengeluhkan betapa sulitnya tugas kuliah, mereka justru terus berusaha menghadapi tantangan untuk memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi masyarakat.

    Dobita mengatakan bahwa prinsip kerja mobil yang ia pamerkan memanfaatkan reaksi antara batu kapur dengan HCl. Reaksi ini akan menghasilkan reaksi eksotermis, yang kemudian diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan susunan bahan semikonduktor tipe-p dan tipe-n. Semi konduktor itu disusun sedemikian rupa dan energi listrik inilah yang digunakan untuk menggerakkan motor DC dan akan ditransmisikan ke roda mobil.

    Semua percobaan yang dilakukan para mahasiswa ini dibangun dari nol dan dengan otodidak. Mereka menyadari bahwa saat ini Indonesia butuh suatu solusi bahan bakar alternatif. Di sisi lain, kota tempat mereka kuliah kaya akan bahan baku batu kapur. Jadi bisa dibilang, penemuan ini sangat bermanfaat.

    Dobita dan kawan-kawan memang luar biasa. Mereka pun berharap sistem ini bisa dikembangkan menjadi kendaraan yang akan diproduksi secara massal. Inilah bukti bahwa dengan kreativitas, sains bisa membantu meringankan hidup manusia secara sehari-hari. Apakah kamu juga ingin jadi penemu seperti mereka?

    http://www.merdeka.com/pendidikan/keren-5-mahasiswa-indonesia-sukses-bikin-mobil-bertenaga-kapur.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keren, 5 mahasiswa Indonesia sukses bikin mobil bertenaga kapur Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top