728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 7 June 2016

    Jika meledak, 7 bom sisa PD II bisa hancurkan Kodim Putussibau

    ilustrasi bom. gizmodo

    Halaman Kodim 1206/Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, hingga kini masih menjadi tempat penyimpanan bom udara diduga peninggalan Perang Dunia ke-II dan ditemukan pada 2014 di Kecamatan Sejiran.

    "Kami sudah sering mengajukan ke komando atas untuk direlokasi namun belum bisa, karena memang prosesnya cukup lama," ungkap Dandim 1206/Putussibau Letkol Kav Budiman Ciptadi, Selasa (7/6).

    Dia menjelaskan, masih ada tujuh bom udara lainnya juga masih ada di lokasi di Kecamatan Sejiram, yang sampai saat ini belum dipindahkan.

    Menurutnya, keberadaan bom udara itu cukup meresahkan warga setempat, termasuk anggota Kodim 1206/Putussibau sebab masih dalam keadaan aktif.

    Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui bom tersebut buatan negara mana, karena kondisinya sudah cukup lama. "Bom itu masih aktif, jika meledak kemungkinan radiusnya hingga 500 meter, habislah kodim," ucap Budiman.

    Selain itu, untuk bom udara masih berada di lokasi rencananya akan diledakan di lokasi tersebut, tentunya oleh orang-orang ahli di bidangnya.

    "Sampai saat ini kami juga masih menunggu bom yang berada didepan kantor itu untuk direlokasi," katanya dilansir dari Antara.

    Lebih lanjut Budiman menjelaskan, untuk bom udara yang berada di depan kantor Kodim setiap harinya disiram menggunakan air, dan ditimbun menggunakan pasir, agar tidak terjadi pemuaian akibat panas matahari.

    Sementara itu, Serda Asmoi anggota Kodim 1206/Putussibau yang sedang melaksanakan piket mengaku merasa khawatir. Sebab bom disimpan di depan pos penjagaan piket itu masih dalam keadaan aktif.

    "Takut bom itu meledak, karena masih aktif, biasanya jika panas terik setiap hari kami menyiarminya dengan air," kata Asmoi.


    http://www.merdeka.com/peristiwa/jika-meledak-7-bom-sisa-pd-ii-bisa-hancurkan-kodim-putussibau.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jika meledak, 7 bom sisa PD II bisa hancurkan Kodim Putussibau Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top