728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 10 June 2016

    Jelang Lebaran, Rentenir Makin Marak di Depok


    Ilustrasi kasir menghitung uang pecahan seratusan rupiah. 



    Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran mendatang, praktik rentenir atau meminjamkan uang dengan bunga tinggi makin marak di Kota Depok.

    Para rentenir ini memanfaatkan momen menjelang hari raya dimana, masyarakat membutuhkan dana cepat untuk menutupi kebutuhan merayakan Lebaran.

    Mereka menawarkan dana segar dan cepat namun dengan bunga sangat tinggi dan mencekik leher.

    Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Depok, Matteo Da Silva mengatakan, praktik rentenir yang makin marak jelang hari raya di Depok ini dilakukan perorangan dan bukan lembaga apalagi koperasi.

    Mereka memberi pinjaman uang namun dengan bunga yang sangat tinggi yakni minimal 10 persen perbulan atau per sekali pembayaran.

    "Contohnya bila meminjam Rp 1 Juta dan pengembalian selama enam bulan, maka totalnya peminjam mengembalikan Rp 1,6 Juta. Sangat tinggi sekali bunganya kan. Ini sudah menyalahi aturan," kata Matteo, Jumat (10/6).

    Karena dilakukan perorangan dan dianggap bahwa peminjam dan yang meminjamkan uang saling memahami dan sepakat, kata Matteo, pihaknya tidak memiliki kewenangan dalam menindak praktik tersebut.

    http://wartakota.tribunnews.com/2016/06/10/jelang-lebaran-rentenir-makin-marak-di-depok
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jelang Lebaran, Rentenir Makin Marak di Depok Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top