728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 17 June 2016

    Inilah Ayam-Ayam Termahal Asli Indonesia



    Ayam, salah satu spesies unggas yang mempunyai daya tarik tersendiri di kalangan penghobi. Dari ayam aduan hingga ayam hias, semuanya memiliki pasar sendiri. Beberapa jenis ayam hias didatangkan dari negara lain, namun Indonesia juga mempunyai ayam-ayam asli Indonesia yang mempunyai harga sangat mahal. Ayam apa saja?

    AYAM PELUNG



    Ayam Pelung adalah ayam asli Indonesia yang berharga sangat mahal. Ayam pelung pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Djarkasih pada tahun 1850 di Cianjur. Saat itu Djarkasih menemukan seekor anak ayam di kebunnya. Ia kemudian memeliharanya, dan dalam waktu singkat ayam jantan ini tumbuh besar dengan cepat.
    Ayam Pelung diketahui memiliki sifat genetik yang cukup unik. Posturnya tinggi besar, suara kokoknya pun khas, panjang dan berirama. Dari segi bulu, ayam ini sama saja dengan ayam-ayam lain, yang membedakannya hanya postur dan kokok khas, serta pertumbuhannya yang begitu cepat.Ayam Pelung yang juara kontes akan berharga sangat mahal, bisa mencapai 20 juta rupiah.


    AYAM KETAWA


    Ayam Ketawa, mungkin nama ayam ini sedikit lucu dan menggelikan. Tetapi begitulah kenyataannya. Ayam mungil yang berasal dari Makasar ini mempunyai suara kokok yang menyerupai orang tertawa. Selain postur dan suara kokok, ayam ini sama seperti jenis ayam lain, yang mudah diperlihara. Tetapi, ayam ketawa sudah mampu berkokok sejak berusia tiga bulan.

    Ayam yang juga mendapat sebutan sebagai Ayam Jantan dari Timur ini konon bisa mendatangkan hoki. Bahkan di masa lalu, ayam ini bisa digunakan sebagai simbol status sosial. Dari jenis kokoknya, ayam ketawa terbagi tiga jenis, yaitu Ayam Ketawa Gretek, Ayam Ketawa Gaga, dan Ayam Ketawa Dodo. Ayam ini mempunyai harga fantastis mencapai 40 juta rupiah.


    AYAM KUKUAK BALENGGEK


    Jenis ayam ini mungkin belum sepopuler dua ayam sebelumnya, namun Ayam Kukuak Balenggek, begitu ayam ini dinamakan, sudah mulai banyak dikenal para pecinta ayam hias. Yang membuat ayam ini disukai adalah suara kokoknya yang bertingkat. Ayam yang berasal dari Sumatra Barat ini dikenal memiliki suara kokok bertingkat, dari 3 tingkat hingga 19 tingkat (lenggek).

    Secara postur, ayam ini memiliki sorot mata yang tajam dan jernih. Selain itu, sama dengan ayam-ayam lain. Warnanya juga seperti ayam-ayam yang lainnya. Di daerah asalnya, yaitu Kabupaten Solok, Sumbar, ayam ini dijadikan maskot kota. Ayam Kukuak Balenggek mempunyai harga antara 20-40 juta rupiah.




    AYAM CEMANI



    Nah, dari semuanya, ayam termahal asli Indonesia adalah ayam cemani. Ayam unik yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia ini sekarang sudah mulai populer di Amerika. Keistimewaan ayam ini adalah tubuhnya yang serba hitam, baik bulu, kulit, mata, lidah, darah, hingga organ-organnya yang berwarna hitam. Di Amerika, ayam ini dihargai kurang lebih 28 juta rupiah. Di Indonesia sendiri, ayam ini bisa dihargai lebih dari 40 juta rupiah.

    Bagi masyarakat Indonesia sendiri, ayam cemani sangat erat kaitannya dengan dunia mistis. Saat ini keberadaan ayam cemani sudah mulai langka, namun beberapa peternak di Kedu masih membiakkan ayam hitam legam ini. Itulah beberapa ayam asli Indonesia yang berharga sangat mahal.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Ayam-Ayam Termahal Asli Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top