728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 15 June 2016

    Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Plastik

    Plastik merupakan salah satu bahan yang sulit diurai oleh bumi. Namun meskipun menyadari hal itu, manusia masih saja menggunakan plastik dalam berbagai kegiatan sehari-harinya. Di dunia, berton-ton plastik diproduksi dan digunakan manusia setiap hari. Selama ini manusia mengatasi permasalahan sampah plastik dengan cara dibakar atau didaur ulang menjadi produk baru. Apakah itu berhasil? Terlepas dari berhasil atau tidak, ilmuwan Jepang menemukan bakteri pemakan plastik.


    Tentunya hal ini sangat menggembirakan karena bakteri ini benar-benar memakan plastik sebagai sumber energi mereka. Bakteri temuan ilmuwan Jepang tersebut dinamakan Ideonella sakaiensis 201-F6. Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Keio, bakteri ini mampu memakan polyethylene terephthalate, yang merupakan bahan pembuat plastik.

    Dalam percobaan tersebut, bakteri Ideonella mampu menghabiskan bahan itu dalam waktu enam minggu dalm suhu 30 derajat celcius dan menghasilkan enzim ISF6-4831 dan ISF6-0224. Kedua enzim tersebut terbukti bisa digunakan untuk mengurai limbah plastik. Meski begitu, para peneliti tersebut menganggap bahwa waktu enam minggu masih merupakan waktu yang cukup lama sehingga mereka kini menari cara bagaimana mempercepat proses penguraian tersebut. Selain itu, baru ditemukan bakteri Ideonella inilah yang mampu mengurai plastik. 


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Plastik Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top