728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 14 June 2016

    6 Petualangan seru yang wajib dijajal saat sambangi Rinjani

    Panorama Gunung Rinjani. © Rinjaninationalpark.com


    Indonesia boleh bangga karena punya Gunung Rinjani. Puncak gunung permai ini termasuk jajaran Seven Summits Indonesia.

    Salah satu gunung tertinggi di nusantara ini namanya sudah tersohor di seluruh dunia. Rinjani bahkan sudah pernah menyabet berbagai penghargaan pariwisata bertaraf internasional.

    Sebagai orang Indonesia, tentunya tak lengkap kalau kita belum pernah menginjakkan kaki di Rinjani. Lalu aktivitas apa saja yang bisa dijajal saat berkunjung ke sana? Berikut ini beberapa kegiatan seru yang bakal bikin petualanganmu di Rinjani tak terlupakan.

    1. Menikmati ragam kekayaan alam Rinjani

    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Gunung Rinjani dilintasi Garis Wallace. Garis imajiner ini menjadi penanda batas persebaran flora fauna Asia dan Australia. Terletak di zona transisi antara Asia dan Australia memberikan ciri khas tersendiri bagi Rinjani. Di sini kita bisa menemukan vegetasi hutan hujan pegunungan sekaligus sabana berselimut edelweis khas Australia.

    Satwa unik dengan perpaduan ciri khas dua benua juga bisa ditemui di sini, antara lain musang Rinjani, burung hantu Rinjani, lutung budeng, dan burung cikukua tanduk.

    2. Menaklukkan puncak Rinjani

    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Tak ada kepuasaan yang lebih besar daripada berdiri di salah satu puncak tertinggi nusantara. Sensasi ini bisa didapatkan setelah pendakian (hiking) selama beberapa hari. Walaupun medan yang ditempuh cukup berat, tetapi lelah dan penat akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan di puncak.

    Kalaupun tak berniat mendaki sampai puncak, kamu bisa berhenti di Danau Segara Anak. Pemandangan di danau kawah ini juga tak bakal mengecewakan.

    3. Trekking sambil menikmati keindahan alam sekitar


    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Kawasan Taman Nasional Rinjani disebut-sebut sebagai jalur trekking bintang 5. Pasalnya, keanekaragaman ekosistem di sana akan membuat aktivitas trekking jadi lebih berkesan. Selain itu, aktivitas pendakian dan trekking di sini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan warga setempat. 

    Wisatawan bisa menemukan persewaan jasa pemandu, porter, juru masak, hingga penyewaan alat dengan tarif resmi. Tak heran kalau Rinjani jadi salah satu destinasi penjelajahan wisata terbaik di Asia Tenggara.

    4. Menjelajah gunung dengan sepeda

    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Tak hanya hiking dan trekking, bersepeda gunung (mountain bike) di Rinjani jadi aktivitas seru yang mulai dilirik wisatawan. Tak jarang turis mancanegara yang sengaja datang ke sini untuk menjajal mountain bike. Pasalnya, Rinjani menawarkan trek downhill yang paling menantang untuk ditaklukkan.

    Ada beberapa rute pendakian yang biasa ditempuh oleh para mount biker. Di antaranya adalah Jalur Senaru, Jalur Sembalun, Jalur Timbanuh, dan jalur Torean. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

    5. Bermalam di tepian Segara Anak


    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Camping di tepian Danau Segara Anak akan menjadikan petualanganmu di Rinjani semakin lengkap. Danau ini adalah titik peristirahatan favorit para pendaki. Sambil menikmati keheningan danau dan megahnya Barujari, anak Gunung Rinjani, kamu bisa menghabiskan waktu untuk memancing ikan.

    6. Menghayati kearifan lokal di desa adat Senaru

    Desa Senaru Sembalunadventure.com

    Jika menempuh jalur pendakian Senaru, kamu bisa mampir ke desa adat ini. Tak hanya berfungsi sebagai titik keberangkatan menuju Rinjani, Senaru sendiri menyimpan berbagai keindahan yang sayang dilewatkan.

    Deretan rumah adat dan bangket Bayan di sana bakal membuatmu merasa seperti melangkah ke masa lalu. Ada juga masjid kuno Bayan dan rumah adat tradisional Karang Bajo yang masih terawat apik. Namun yang menjadi daya tarik utama Senaru adalah masyarakatnya yang masih mempertahankan nilai-nilai tradisional.

    7. Berburu air terjun

    Panorama Gunung Rinjani Rinjaninationalpark.com

    Selain keanekaragaman flora fauna, Rinjani juga menjadi rumah bagi belasan air terjun cantik. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Benang Stokel, dan Air Terjun Tiu Kerep.

    Air terjun ini mendapatkan curahan dari Danau Segara Anak dan beberapa mata air lainnya. Beberapa di antaranya sudah dikelola menjadi tempat wisata.


    http://www.merdeka.com/gaya/6-petualangan-seru-yang-wajib-dijajal-saat-sambangi-rinjani.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 6 Petualangan seru yang wajib dijajal saat sambangi Rinjani Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top