728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 20 June 2016

    6 Pemandangan Indah ini Adalah Hasil Pencemaran Lingkungan

    Pemandangan indah identik dengan tempat alami yang masih asri, belum tersentuh modernisasi, sehingga keindahannya benar-benar asli apa adanya, tanpa campur tangan manusia. Namun, ada beberapa tempat yang mempunyai pemandangan indah yang ternyata dihasilkan dari pembuangan suatu industri. Singkatnya, pemandangan indah ini adalah hasil dari pencemaran lingkungan yang parah. Inilah beberapa diantaranya.

    KOLAM FADING GLORY - TAMAN NASIONAL YELLOWSTONE AMERIKA
    Dahulu, kolam ini merupakan kolam sumber mata air panas alami yang bernama Morning Glory. Dinamakan seperti itu karena airnya yang berwarna biru jernih seperti bunga tanaman morning glory (kangkung, red). Namun, sekarang kolam ini berubah warna menjadi hijau dan kuning yang kontras. Meskipun indah, warna ini merupakan hasil dari penyumbatan kolam karena sampah dan koin yang dilemparkan turis selama bertahun-tahun. Saat ini kolam ini disebut sebagai Fading Glory alias Kejayaan yang Memudar.

    PANTAI QINGDAO - CHINA
    Pantai Qingdao yang ada di China ini mungkin unik karena hampir seluruh permukaan pantainya tertutup ganggang sehingga terlihat seperti hamparan permadani hijau yang panjang. Fenomena ini sebenarnya selalu terjadi setiap tahun sejak tahun 2007. Meski bisa dikatakan sebagai fenomena alam, tetapi ganggang ini ternyata adalah produk dari limbah pertanian dan industri. Salah satu indikator meledaknya populasi ganggang adalah karena salah satu indikator pencemaran lingkungan. 

    SUNGAI SHIN MUN - CHINA
    Sungai berwarna biru jernih di China ini ternyata bukan karena airnya yang memang sangat jernih, tetapi hasil dari limbah yang dibuang ilegal. Sungai ini berdekatan dengan kawasan industri Fo Tan, dan diduga banyak limbah dari berbagai macam jenis industri yang dibuang ke sungai itu. Meski berwarna cantik, sungai ini mengeluarkan aroma tak sedap. Sebelum berubah menjadi biru cerah nan cantik seperti ini, ikan-ikan yang ada di sungai ini banyak mati terdampar.

    DANAU SALJU BELLANDUR - INDIA
    Danau Bellandur di India langsung menjadi pusat perhatian setelah permukaan danau ini tertutup semacam busa putih yang mirip dengan salju. Dari kejauhan, danau ini terlihat sangat indah dan unik. Namun, apa yang ada di balik busa putih tersebut sangat mengejutkan. Air danau Bellandur berwarna hitam keruh. The Huffington Post bahkan memberitakan bahwa busa putih ini kadang memancarkan percikan api. Warga sekitar juga melaporkan banyak mengalami gatal-gatal dan iritasi akibat dari busa tersebut. Pengelolaan industri yang kurang tepat dituding menjadi sebab mengapa danau ini menjadi seperti itu. 

    SUNGAI RIO TONTO - SPANYOL
    Dilihat sekilas, sungai yang ada di Spanyol ini terlihat sangat cantik dan menakjubkan dengan kombinasi air berwarna kuning dan merah maron. Namun, siapa sangka bahwa sungai cantik ini menyimpan mara bahaya karena air sungai ini mengandung asam tingkat tinggi. Kawasan Rio Tonto ternyata menyimpan kekayaan alam berupa mineral murni yang telah ditambang sejak era Romawi Kuno. Namun, eksploitasi besar-besaran yang dilakukan manusia saat ini telah mengubah wajah Sungai Rio Tonto menjadi seperti sekarang.

    BLUE LAGOON - INGGRIS
    Disebut Blue Lagoon karena tampilannya yang menawan; danau dengan air berwarna kehijauan ini ternyata adalah bekas pertambangan yang bernama Far Hill Quary. Danau ini hingga tahun 2013 masih menjadi salah satu tujuan wisata, dan bahkan banyak wisatawan yang berenang di danau tersebut. Faktanya, meski indah, air di Blue Lagoon ini sangat beracun. Warna biru kehijauan yang cerah itu berasal dari kalsium oksida. Pemerintah setempat sampai harus memberikan pewarna hitam agar warga masyarakat tidak berenang di danau ini. (merdeka.com)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 6 Pemandangan Indah ini Adalah Hasil Pencemaran Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top