728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 27 June 2016

    5 Legenda Harta Karun Yang Hilang

    Selain hartanya Qorun, ada beberapa catatan sejarah yang sekarang menjadi legenda mengenai sejumlah harta yang hilang dan tidak atau belum ditemukan sampai sekarang.




    1. Harta Para Firaun



    Ketika Howard Carter menemukan makam Tutankhamen di Mesir Lembah Para Raja pada 1922, ia terpesona oleh kemegahan artefak dan harta yg dibawa oleh raja muda itu untuk hidup di akhirat. Melekat pada ruang pemakaman terdapat begitu banyak perhiasan dan artefak lain yang butuh sepuluh tahun untuk meng katalog kannya. Namun, ketika ruang pemakaman firaun yang lainnya digali, di akhir abad 19, ruang harta mereka hampir kosong. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pencuri makam telah selama berabad-abad telah menjarah makam para firaun tersebut, tetapi skala pencurian yang diperlukan untuk membersihkan makam raja-raja di luar kemampuan para penjahat itu.

    Jadi, di mana kekayaan besar dari firaun yang dimakamkan di Lembah Para Raja? Beberapa ahli percaya bahwa harta tersebut digunakan oleh para imam yang melakukan pemakaman kembali di Lembah Para Raja pada periode akhir 20 dan awal 21 dinasti Mesir(425-343 SM). Firaun selanjutnya tidak menolak untuk menggunakan kembali kemegahan pemakaman nenek moyang mereka, jadi ini mungkin telah dilakukan dengan undang-undang resmi. salah seorang firaun, Herihor, telah menjadi fokus perhatian khusus. Herihor adalah seorang pejabat pengadilan tinggi selama pemerintahan Ramses XI.

    Setelah kematiannya Ramses, Herihor merebut takhta, membagi kerajaan dengan menantunya, Piankh. Herihor menempatkan dirinya bertanggung jawab atas semua proses reburial di Lembah para Raja, yang memberinya banyak kesempatan untuk mencuri dalam skala besar. Makamnya tidak pernah ditemukan. Jika nanti makamnya ditemukan, banyak ahli percaya bahwa harta yang hilang dari banyak firaun Mesir disimpan disana dan saking banyaknya harta itu, dipercaya bahwa kilaunya akan seterang cahaya siang.


    2. Ruang  Amber


    Digambarkan sebagai keajaiban dunia kedelapan oleh orang-orang yang melihatnya. Ruang Amber adalah harta yang hilang dan yang paling unik dalam sejarah. Ini adalah ruang 11 kaki persegi yang terdiri dari panel dinding besar dihiasi dengan beberapa ton ambar terlah dirancang, cermin daun emas bermata besar, dan empat mosaik Florentine yang megah. Diatur dalam tiga tingkatan, ruang amber ini dihuni oleh permata permata berharga, dan disimpan dalam kaca sebagai salah satu koleksi paling berharga dari karya seni Prusia dan Rusia yg pernah dibuat.

    Dibuat oleh Prusia, Raja Friedrich dan diberikan kepada tsar Rusia Peter Agung pada 1716, terletak di Catherine Palace, dekat St Petersburg. Hari ini, Ruang Amber berharga lebih dari $ 142 juta. Ketika Adolf Hitler menyerang Rusia, penjaga Ruang Amber panik. Mereka mencoba memindahkannya, tapi ambar mulai runtuh, sehingga mereka berusaha menutupinya dengan wallpaper. Mereka tidak berhasil dan saat Nazi menyerbu Leningrad (sebelumnya disebut St Petersburg) pada bulan Oktober 1941, mereka memindahkannya ke puri atau kastil Königsberg selama beberapa tahun sampai perang berakhir.

    Namun, ketika Königsberg direbut kembali April 1945, harta termashur itu tidak bisa ditemukan. Ruang Amber tidak pernah terlihat lagi. Apakah Soviet tanpa sadar menghancurkan harta mereka sendiri dengan bom? Apakah itu tersembunyi di sebuah bunker bawah tanah sekarang hilang di luar kota? Atau hancur ketika puri Königsberg terbakar tak lama setelah kota itu menyerah? Kita mungkin tidak akan pernah tahu pasti. Tapi untungnya untuk pecinta kemewahan, Ruang Amber telah susah payah diciptakan kembali dan dipajang diIstana Catherine.


    3. Harta Rampasan Blackberard


    Bajak laut Blackbeard terkenal itu hanya menghabiskan sekitar dua tahun (1716-1718) menjarah laut lepas. Dalam waktu itu, bagaimanapun, dia telah mengumpulkan harta rampasan yg sangat banyak. Sementara Spanyol sibuk mendapatkan semua emas dan perak mereka ambil dari Meksiko dan Amerika Selatan, Blackbeard dan teman-temannya menunggu dengan sabar, lalu menjarah kapal kapal spanyol yang sarat dengan emas dan barang barang berharga lainnya, saat mereka berlayar kembali ke Spanyol.

    Blackbeard mengembangkan reputasi menakutkan sebagai bajak laut yg kejam dan ganas. pemerintahan teror-Nya berpusat di sekitar Hindia Barat dan pantai Atlantik Amerika Utara, dengan markas di Bahama dan North Carolina. akhirnya pada bulan November 1718, ketika Letnan Inggris, Robert Maynard datang menyerbu para bajak laut dan memenggal kepalanya lalu menggantungnya di ujung kapal layaknya sebuah tropi yg mengerikan. Tapi apa yang terjadi dengan harta yang sangat banyak yang telah dikumpulkan Blackbeard?

    Dia mengakui menguburnya tapi tidak pernah mengatakan lokasinya. Namun hal itu tidak membuat berhenti para pemburu harta yang tak terhitung banyaknya untuk berusaha menemukan harta yang dikubur blackbeard. kapal Blackbeard yang tenggelam, Queen Anne’s Revenge, diyakini telah ditemukan dekat Beaufort, North Carolina, pada tahun 1996, tetapi harta itu tidak ada disana. Kemungkinan lokasi penyimpanan harta blackbeard mencakup Kepulauan Karibia, Virginia Chesapeake Bay, dan gua-gua di Kepulauan Cayman.


    4. Harta Lima


    Pada tahun 1820, Lima, Peru, berada di tepi pemberontakan. Sebagai tindakan pencegahan, raja muda Lima memutuskan untuk mengangkut kekayaan luar biasa di kota itu ke Meksiko untuk diamankan. Harta itu termasuk batu permata, lilin, dan dua patung seukuran manusia Maria memegang bayi Yesus, yang terbuat dari emas murni. Secara keseluruhan, harta tersebut diangkut dengan 11 kapal dan nilainya sekitar $ 60 juta. Kapten William Thompson, komandan kapal Mary Dear, ditugaskan mengangkutnya ke Meksiko. Tapi sayangnya tidak ada yang menyelidiki latar belakang kapten Thompson yang sebenarnya adalah seorang bajak laut.

    Setelah kapal berlayar, kapten Thompson memotong leher para penjaga harta kerajaan Peru dan melemparkan tubuh mereka ke laut. Thompson menuju Kepulauan Cocos, di Samudera India, di mana ia dan anak buahnya diduga mengubur harta karun itu. Mereka kemudian memutuskan untuk berpisah dan bersembunyi sampai situasi sudah tenang, pada saat itu mereka akan bertemu lagi untuk membagi bagi harta yang mereka kubur tersebut. Namun kapal Dear Mary tertangkap, dan semua awaknya diadili karena pembajakan. Semuanya akhirnya dihukum gantung kecuali Thompson dan seorang temannya.

    Dua orang itu diberi kesempatan untuk menunjukkan tempat mereka menguburkan atau menyimpan harta yg mereka rampas tersebut kepada Spanyol. Thompson dan temannya membawa aparat Spanyol menuju kepulauan Cocos dan disana mereka berdua berhasil melarikan diri ke hutan, dan sejak saat itu Thomson dan temannya tidak pernah terlihat lagi. Sampai saat ini lebih dari 300 ekspedisi telah mencoba dan gagal untuk mencari harta Lima. Teori terbaru adalah harta itu yang tidak dikuburkan di Kepulauan Cocos, melainkan di sebuah pulau tak dikenal di lepas pantai Amerika Tengah.


    5. Harta Montezuma Dan Tenochtitlan


    Kedatangan Spanyol ke kerajaan Aztec di Meksiko adalah pada tanggal 1 Juli 1520. Setelah melukai raja Montezuma, Hernando Cortés dan orang-orangnya dikepung oleh prajurit Aztec yang marah di ibu kota Tenochtitlan. Setelah beberapa hari pertempuran sengit, Cortés memerintahkan orang-orangnya untuk mengemas harta Montezuma yang sangat banyak dalam persiapan untuk melarikan diri pada malam hari, tapi mereka tidak pergi jauh sebelum Aztec mennyerang mereka.

    Kekacauan ini digambarkan dengan penuhnya Danau Tezcuco (danau yang mengelilingi Tenochtitlan) dengan mayat tentara Spanyol dan harta dicuri dari Montezuma. Tentara spanyol yang selamat melarikan diri dengan membuang rampasan itu yang terdiri dari emas dan perak yang tak terhitung jumlahnya, bersama dengan sejumlah besar perhiasan permata. Tepat satu tahun kemudian, Cortés dan tentara spanyol kembali lagi untuk membalas kekalahan mereka, dan merebut kembali harta montezuma yang gagal mereka curi.

    Ketika penduduk Tenochtitlan mendapat berita bahwa penjajah mendekat, mereka menguburkan sisa-sisa harta karun kota di sekitar Danau Tezcuco untuk mencegahnya jatuh ketangan Spanyol yang gila emas dan harta. Saat ini, semua harta karun tersembunyi hampir lima abad di bawah luasnya lumpur dan rawa di pinggiran Mexico City, inkarnasi modern Tenochtitlan. Generasi pencari harta karun telah mencari harta yang hilang tersebut tanpa keberhasilan. Seorang mantan presiden Meksiko bahkan memiliki pengeruk danau yang besar, tapi harta itu tetap tidak ditemukan.


    Sumber : terselubung.in

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 5 Legenda Harta Karun Yang Hilang Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top