728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 19 June 2016

    10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul di Video Game

    Pedang merupakan senjata yang paling familiar dan paling banyak dikenal di peradaban di seluruh dunia meski dengan bentuk dan karakter yang berbeda-beda. Karakter-karakter yang unik tersebut sering digunakan oleh para pembuat video game, khususnya game genre Action, RPG, hingga MMORPG di dalam game-game karya mereka. Tak jarang pula terdapat pedang-pedang legendaris dari dunia nyata yang diadopsi ke dalam game dan digunakan oleh suatu karakter game tersebut. Penasaran pedang apa saja yang sering muncul di dalam game?

    SHAMSIR


    Pedang melengkung khas Persia. Secara harafiah Shamsir berarti Pedang. Pedang legendaris ini mempunyai mitos, yaitu sebuah Shamsir legendaris bernama Shamsir-e Zomorrodegar. Shamsir ini dimiliki oleh Raja Salomo. Pedang Shamsir legendaris itu akan membuat pemiliknya kebal dari serangan sihir apapun dan akan ditakuti oleh iblis. Luka goresan yang diakibatkan oleh pedang ini hanya bisa disembuhkan oleh ramuan yang dicampur dengan otak Fullad-Zerreh, seorang penyihir bertanduk. Salah satu game populer yang menampilkan pedang ini adalah game Golden Sun.

    EXCALIBUR


    Pedang legendaris lainnya yang dimiliki oleh Raja Arthur dari Inggris. Banyak cerita yang menyelimuti pedang ini, diantaranya adalah pedang ini didapatkan oleh Raja Arthur setelah ia mencabutnya dari sebuah batu, seperti yang tertulis dalam kisah "Sword in the Stone." Kisah lainnya adalah Raja Arthur mendapatkan pedang ini dari Lady of Lake. Pedang ini sangat terkenal, dan banyak digunakan dalam berbagai game diantaranya adalah Final Fantasy, Tales, hingga Soul Calibur.

    DURANDAL


    Pedang legendaris selanjutnya yang sering muncul dalam video game. Sama seperti pedang-pedang sebelumnya, Pedang Durandal juga mempunyai kisahnya sendiri. Pedang ini dikatakan merupakan karya dari Volund, atau Wayland the Smith yang merupakan seorang penempa besi legendaris. Kisah lain mengatakan pedang ini diberikan oleh malaikat pada Charlemagne (Karel the Great) dan kemudian diberikan kepada Roland. Saking terkenalnya, pedang ini bahkan sampai tertulis dalam sebuah puisi, dan dikatakan dalam puisi itu di dalam gagang Pedang Durandal terdapat gigi emas Santo Petrus, darah dari Santo Brasil, rambut dari Santo Denis, hingga potongan pakaian Perawan Maria. Pedang ini sangat kuat dan disebut sebagai salah satu yang tertajam di dunia. Pedang Durandal muncul dalam game RPG Tales of Innocence, beberapa seri Final Fantasy, hingga Fire Emblem.

    JOYEUSE


    Pedang legendaris lainnya yang juga milik Charlemagne. Pedang ini juga sering disebut sebagai Joyous. Charlemagne yang merupakan putra dari Karel Martel, seorang penyelamat Eropa dari bangsa barbar. Bahkan ia berhasil mempersatukan Eropa kembali sejak era Romawi. Dalam sejarahnya, Pedag Joyeuse kemudian dimiliki oleh seorang Raja Prancis. Meski begitu saat ini ada dua pedang yang dianggap sebagai Joyeuse, yang satu disimpan di Chatzkammer Weltliche, Wina, Austria, sementara yang satu lagi ada di Louvre, Perancis. Game yang sering memunculkan pedang legendaris ini adalah Fantasy Life, Castlevania: Dawn of Sorrow.

    GRAM/BALMUNG/NOTHUNG


    Pedang legendaris yang sering muncul di dalam game selanjutnya adalah pedang legendaris kebudayaan Norwegia. Pedang ini merupakan pedang buatan Volund, seorang pandai besi legendaris. Pedang ini kemudian dimiliki oleh Sigmund setelah ia mendapatkan pedang ini di Hall of Volsung. Sigmund berhasil mencabut pedang ini yang tertancap di pohon Barnstokkr. Pada sebuah pertempuran, pedang ini hancur setelah Sigmund tewas. Namun ia sempat menitipkan pedang ini kepada istrinya agar dirawat dengan baik. Pedang ini kemudian diwariskan kepada putra Sigmund yang bernama Sigurd. Sigurd membawa pedang ini kepada Regin untuk diperbaiki. Dengan pedang ini, Sigurd berhasil membunuh Fafnir, saudara Regin yang berubah menjadi naga. Pedang legendaris ini muncul dalam kisah Nibelungenlied dan Ring Cycle.

    TYRFING

    Pedang legendaris yang muncul dalam game adalah Tyrfing, yang merupakan pedang buatan dua kurcaci Dvalin dan Durin. Dvalin dan Durin membuat pedang ini sebagai balas jasa karena Raja Gardariki yang bernama Svafrlami mengampuni nyawa mereka. Oleh Svafrlami, pedang legendaris ini diberi nama Tyrfing. Namun dua kurcaci itu mengutuk pedang tersebut, yaitu pedang ini hanya bisa terhunus setelah pemiliknya membunuh seorang pria. Pedang ini pula yang akhirnya membawa kehancuran bagi Svafrlami. Ia terbunuh oleh pedangnya sendiri dalam sebuah pertarungan melawan Arngrim. Beberapa game yang memunculkan pedang ini antara lain Brave Frontier, Final Fantasy XIV, Ragnarok Online, dan Fire Emblem.

    KUSANAGI NO TSURUGI

    Pedang legendaris dari Jepang ini sangat terkenal dan sering muncul dalam berbagai game hingga serial komik, sebut saja dalam kisah Naruto salah satunya. Pedang Kusanagi no Tsurugi mempunyai arti Pedang Pemotong Rumput. Meski begitu, pedang ini juga disebut sebagai Ama No Murakumo No Tsurugi atau Pedang Awan Surga. Pedang Kusanagi merupakan salah satu dari tiga pedang kebanggaan Jepang. Legenda Jepang mengatakan bahwa pedang ini merupakan pemberian Dewa Matahari Amaterasu kepada Ninigi no Mikoto untuk menjaga perdamaian. Saat ini keberadaan pedang ini tak diketahui. Beberapa game yang memunculkan pedang ini antara lain Tales.

    FRAGARACH


    Pedang legendaris yang sering muncul dalam game selanjutnya adalah Fragarach, sebuah pedang legendaris dalam kebudayaan masyarakat Irlandia. Mitos mengatakan bahwa pedang ini dibuat oleh Dewa Laut Manannan Mac Lir. Pedang Fragarach konon mempunyai kekuatan gaib yang akan membuat pemiliknya selalu berkata jujur. Pedang ini juga disebut The Answerer atau The Retaliator. Oleh Manannan, pedang ini diberikan pada Lugh Lamfada, yang merupakan salah satu raja tertinggi dalam kebudayaan Irlandia. Beberapa game yang memunculkan Pedang Fragarach diantaranya Castlevania, Folklore, Crystal Saga, Mabinogi Online, dan lainnya.

    HONJO MASAMUNE


    Pedang legendari selanjutnya datang lagi dari Jepang, sebuah pedang legendaris buatan pandai besi legendaris bernama Masamune. Pedang yang dibuat pada era kejayaan Shogun, dan sempat menjadi pedang turun temurun selama beberapa generasi. Pada tahun 1939, pedang ini menjadi milik keluarga Tokugawa Iemasa namun kemudian diberikan kepada pemerintah bersama dengan 14 pedang lainnya pada tahun 1945. Sama seperti Kusanagi, pedang Honjo Masamune ini tak diketahui keberadaannya hingga sekarang. Pedang ini muncul di beberapa game seperti Ragnarok Online, Tales, dan Final Fantasy VII.

    MURAMASA


    Pedang legendaris selanjutnya yang juga berasal dari Jepang. Pedang bernama Muramasa ini dibuat oleh seorang pandai besi gila bernama Muramasa Sengo. Selain gila, ia juga merupakan orang yang haus darah. Pedang Muramasa ini konon mempunyai kutukan. Shogun Tokugawa Ieasu yang memiliki pedang ini merasakan efek mengerikan dari pedang bernama Muramasa ini. Ia kehilangan banyak teman dan keluarga. Pedang ini juga harus ditikamkan kepada seseorang agar bisa disarungkan kembali. Bahkan pada akhirnya pedang ini membuat pemiliknya bunuh diri. Pedang legendaris mengerikan ini muncul dalam game Final Fantasy, World of Warcraft, Tales of Phantasia, dan Muramasa: The Demon Blade.

    Itulah beberapa pedang legendaris yang sering muncul dalam serial game. Pedang dari Jepang lainnya seperti Sakabato mungkin juga legendaris, akan tetapi mungkin karena pedang itu sudah terlalu identik dengan tokoh Kenshin dalam komik Samurai X karangan Nobuhiro Watsuki sehingga jarang yang menggunakan pedang itu dalam sebuah game. Ada yang ingin menambahkan?


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul di Video Game Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top