728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 26 May 2016

    Wakatobi Adalah Taman Nasional Bawah Laut Terindah di Dunia



    Taman Nasional Wakatobi. Foto: dok.rt.wildasia.org


    Wakatobi Merupakan Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yang ada di Kabupaten Wakatobi yaitu Wangi-wangi (Wanci), Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

    Kepulauan Wakatobi telah terbentuk sejak zaman tersier hingga akhir zaman miosen akibat adanya proses geologi. Secara keseluruhan kepulauan ini terdiri dari 39 pulau, 3 gosong dan 5 atol. Dari proses pembentukannya, atol di Wakatobi berbeda dengan atol-atol yang terdapat di daerah lain. Atol di daerah ini terbentuk oleh adanya penenggelaman dari lempeng dasar. Beberapa atol yang terlihat sekarang, antara lain Atol Kaledupa, Atol Kapota, dan Atol Tomia.

    Perairan Wakatobi berada pada wilayah “Coral Tri-Angle” atau wilayah segitiga terumbu karang, yaitu wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia, disini terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia. Dan lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili dapat di temui di Wakatobi.

    Untuk menuju Taman Nasional ini, bisa menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Wakatobi dengan tujuan Kendari, ibu kota Sulawesi Tenggara, kemudian melanjutkannya dengan kapal langsung ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi. Wanci merupakan pintu masuk utama kawasan Taman Nasional Wakatobi.

    Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi ini adalah bulan April sampai dengan bulan Juni dan Oktober sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya.


    http://www.adventuretrus.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Elektronika.
      Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Elektronika

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Wakatobi Adalah Taman Nasional Bawah Laut Terindah di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top