728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 29 May 2016

    Video Pria Lompat dari Atap Apartemen Bukan di Jakarta Utara

    Isu

    Beredar video di situs jejaring sosial YouTube tentang seorang pria yang dikabarkan bunuh diri dari atap sebuah apartemen di Jakarta Utara. Pria itu jatuh dan diduga tewas seketika.

    Video tersebut beredar sejak tanggal 26 Mei 2016 lalu. Entah dari mana asalnya, tiba-tiba ada yang mengupload sambil menulis caption kejadian berlangsung di sebuah apartemen di Jakarta Utara. 

    Durasi video berlangsung selama 51 detik. Awalnya, si pengambil gambar hanya menyoroti sosok pria yang berdiri di atap gedung. Tak lama kemudian, pria tersebut menjatuhkan diri hingga lantai dasar. Diduga kuat, korban tewas seketika. Pengambil video tersebut seorang wanita dan berbicara dalam bahasa asing. 

    Benarkah video tersebut?

    Investigasi

    detikcom menelusuri awal mula video tersebut. Lewat fasilitas pencarian di Google Chrome, akhirnya didapat dari mana video tersebut pertama kali beredar.

    Bila dilihat dari tanggal upload, maka video tadi diposting pertama kali oleh situs severhd.com. Situs ini menampilkan video serupa, namun dengan keterangan berbeda. Mereka menulis, kejadian berada di China.

    "Graphic: Man Commits Suicide from Tall Building in China," tulis judul video tersebut yang dipajang pada tanggal 24 Mei 2016.

    Suara wanita yang mengambil gambar pun terdengar seperti seseorang yang beraksen dari China. Namun belum jelas lokasi persisnya. Tidak disebutkan, kapan dan di mana lokasi kejadian bunuh diri tersebut, termasuk kemungkinan identitas korban. Yang pasti, itu bukan di Indonesia. Walau sekilas mirip, namun gedung itu bukan apartemen yang disebut dalam video yang beredar di Indonesia.

    detikcom kemudian mengkonfirmasi kabar ini ke Kapolres Jakarta Utara Kombes Daniel Bolly Tifaona. Dia dengan tegas membantahnya. Tak ada kejadian itu di apartemen Jakarta Utara.

    "Tidak benar. Sama sekali tidak benar. Kita sedang lakukan pelacakan. Saya sudah cek sendiri tidak ada yang meninggal bunuh diri di MOI sejak kemarin, seharusnya juga kapolsek-kapolsek kan tahu kalau memang benar, tapi ini tidak ada," tegasnya.

    Kesimpulan

    Kejadian itu benar adanya, namun lokasinya bukan di Jakarta Utara. Kemungkinan besar terjadi di China, tapi tidak diketahui persis tepatnya. Dengan demikian, informasi yang menyebutkan kejadian di Jakarta Utara adalah hoax.

    sumber : detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Video Pria Lompat dari Atap Apartemen Bukan di Jakarta Utara Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top