728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 2 May 2016

    Starbucks digugat Rp 5 miliar karena pakai es batu terlalu banyak



    Merdeka.com - Perempuan di Kota Chicago, Amerika Serikat, menggugat jaringan gerai kopi Starbucks sebesar USD 5 juta (setara Rp 65,7 miliar). Nilai gugatan fantastis itu hanya dipicu kekesalan si pembeli ini atas dugaan versi dingin kopi, teh, dan minuman lain diisi lebih banyak es batu.
    Warga bernama Stacy Pincus itu menuding Starbucks melakukan pembohongan publik serta menipu konsumen.
    "Minuman dingin Starbucks mengandung produk lebih sedikit dari yang ditampilkan di iklan-iklan, dan itu menyalahi prosedur standar setiap korporat," dikutip dari naskah gugatan yang dilansir kantor berita AFP, Selasa (3/5).
    Kekesalan Pincus bermula pada April 2006. Dia menyadari jaringan kedai kopi terbesar sedunia itu selalu menyajikan minuman dingin, dengan takaran cairan hanya 400 mililiter. Padahal gelas plastik khas Starbucks itu ukurannya 700 mililiter. Sisa ruang dalam gelas diisi es batu sebanyak-banyaknya.
    Dari sana, Pincus rajin mencari tahu bagaimana barista Starbucks menyajikan minuman dingin. Kemudian wanita ini kecewa saat tahu format penyajian minuman dengan lebih banyak es sudah menjadi arahan perusahaan.
    "Selain tidak memenuhi standar penyajian yang layak, Starbucks memaksa konsumen membayar minuman semacam itu tetap dengan harga premium," kata pengacara Pincus dalam naskah gugatannya.
    Sebagai perbandingan, Pincus menyoroti harga secangkir kopi panas USD 2,1, sedangkan kopi yang sama ditambah es dibanderol USD 2,65 per gelas.
    Dihubungi terpisah, Starbucks menganggap gugatan Pincus mengada-ada. "Kami yakin setiap konsumen di seluruh dunia tahu bahwa es batu adalah komponen utama sebuah minuman dingin," tulis manajemen perusahaan berpusat di Kota Seattle itu.
    Starbucks saat ini memiliki lebih dari 23 ribu cabang di seluruh dunia. Pendapatan kedai kopi ini tahun lalu mencapai USD 19,2 miliar.

    http://www.merdeka.com/dunia/starbucks-digugat-rp-5-miliar-karena-pakai-es-batu-terlalu-banyak.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Starbucks digugat Rp 5 miliar karena pakai es batu terlalu banyak Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top