728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 25 May 2016

    Sehari, Facebook Terjemahkan 2 Miliar Teks


    Ilustrasi. (Sean Gallup/Getty Images)

    Jejaring sosial Facebook telah lama menyediakan fitur terjemahan secara otomatis di dalam layanannya. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini mengumumkan, saat ini ada sebanyak 2 miliar terjemahan dalam satu hari yang berlangsung di dalam situsnya.


    Jika pengguna Facebook menulis status atau publikasi memakai bahasa asing seperti Perancis, Jerman, atau Belanda, biasanya disediakan opsi "See Translation" untuk menerjemahan secara otomatis. 

    Saking banyaknya pengguna Facebook yang mencapai 1,6 miliar di seluruh dunia, tentu saja terdapat banyak bahasa asing yang 'beredar' di layanan ini. Tak heran apabila ada 2 miliar terjemahan teks yang dilakukan oleh mesin pintar Facebook.

    Hal tersebut diumumkan oleh director of engineer of language technology Facebook Alan Packer pada konferensi EmTech Digital MIT, di San Francisco, California, Amerika Serikat.


    Selain jumlah terjemahan tersebut, Packer juga mengatakan Facebook bisa menafsirkan sebanyak 40 bahasa yang tersebar di berbagai negara dalam 1.800 arahan, dari bahasa Perancis hingga Inggris.

    Lalu tercatat setengah dari total pengguna global Facebook yakni sekitar 800 juta pengguna membaca apa yang sudah diterjemahkan setiap bulan.

    "Misi dari tim penerjemah Facebook adalah mengubah pandangan bahwa bahasa bukan kendala untuk membuat dunia ini lebih terbuka dan terhubung," ungkap Packer, melansir TechCrunch.

    Packer menambahkan, aktivitas terjemahan Facebook berasal dari sistem mesin penerjemah milik sendiri yang memakai teknologi kecerdasan buatan. Awalnya, pada 2011 terjemahan teks di Facebook ditenagai oleh Microsoft Bing, namun perusahaan akhirnya berupaya mengembangkan sistem sendiri.


    Pada Desember 2015, Facebook akhirnya berhasil beralih ke sistem terjemahan milik sendiri dan hingga kini menggunakan teknologi hasil pengembangan perusahaan.

    Bahkan kemampuannya tidak hanya sebatas menerjemahkan teks saja, melainkan memahami konten tulisan dan gambar terkait yang dipublikasikan di Facebook.

    Teknologi tersebut didukung oleh langkah Facebook yang telah mengakuisisi startup Wit.ai yang fokus pada pemahaman bahasa teks dan suara. 

    "Kami tidak memiliki teknologi terjemahan sendiri dan kami melihat ada nilai berharga di situ. Kami mengembangkan sistem sendiri dan ternyata bisa berfungsi dalam banyak hal," ungkap Packer.


    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160524153250-185-133126/sehari-facebook-terjemahkan-2-miliar-teks/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sehari, Facebook Terjemahkan 2 Miliar Teks Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top