728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 25 May 2016

    Sebar Internet ke Pelosok, Kemkominfo akan Pakai Satelit


    Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana memanfaatkan satelit komunikasi untuk menyalurkan akses Internet ke pelosok, mengingat tak semua wilayah bisa dijangkau oleh jaringan serat optik dalam proyek Palapa Ring.


    Dalam rencana besar pemerataan akses komunikasi ini, pemerintah akan menggandeng pihak swasta yang telah berpengalaman mengoperasikan satelit.

    "Dalam waktu dekat, kita akan mendiskusikan untuk menggarap satelit untuk men-deliver kemampuan fiber optik. Kalau Palapa Ring 'kan mencakup kota dan kabupaten, sedangkan untuk pulau kecil dan terluar belum terjangkau," kata Ismail, Direktur Telekomunikasi Khusus Kemkominfo, usai acara Seremoni Penunjukkan Mandated Lead Arranger untuk Pembiayaan Proyek Palapa Ring Paket Tengah, Selasa (24/5).


    Tak hanya diposisikan sebagai pendukung proyek Palapa Ring, nantinya proyek yang bernama satelit multifungsi ini juga akan digunakan untuk berbagai kebutuhan dari berbagai sektor, seperti pendidikan, kelautan, hingga pertanian.

    Ismail memperkirakan satelit tersebut sudah bisa digunakan dalam beberapa tahun mendatang.

    "Butuh proses sekitar tiga tahun dari awal hingga satelit tersebut dapat diluncurkan. Jadi kemungkinan sudah dimanfaatkan pada tahun 2019. Kita akan mencari mitra untuk rencana tersebut. Konsepnya bakal sama dengan Palapa Ring," lanjutnya.


    Kasubdit Pengembangan Infrastruktur Kemkominfo, Anang Latif, menyampaikan proyek ini bisa melibatkan perusahaan semacam Indosat atau Bank BRI yang bakal didukung pemerintah selama 15 tahun sesuai masa pakainya.

    Setelah masa pakai satelit berakhir, maka berakhir pula kerja sama dan selanjutnya bisa beralih ke teknologi terbaru.

    Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya. Eksekusinya dibagi dalam tiga proyek wilayah, yaitu Paket Barat, Tengah, dan Timur.


    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160525073442-213-133240/sebar-internet-ke-pelosok-kemkominfo-akan-pakai-satelit/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sebar Internet ke Pelosok, Kemkominfo akan Pakai Satelit Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top