728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 8 May 2016

    Saham 'Tidur' Bikin Galau Investor, Ini yang Harus Dilakukan BEI

    Saham Tidur Bikin Galau Investor, Ini yang Harus Dilakukan BEI


    Daftar saham tidur di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih cukup banyak. Tidak sedikit investor dananya nyangkut di saham tidur. Hal ini membuat kepercayaan publik tentang pasar modal menjadi berkurang. 


    BEI sebagai otoritas di pasar modal dituntut untuk bisa memberikan perlindungan kepada para investor di pasar modal, paling tidak meminimalisir adanya kerugian yang bukan karena risiko investasi, namun karena kinerja emiten yang dinilai tidak baik.

    Kepala Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengungkapkan, kasus soal saham tidur sudah sering terjadi, karena tidak ada tindakan tegas, hal ini menjadi lumrah dan biasa. 

    Namun sebenarnya, masalah ini justru menjadi salah satu hal yang ditakuti para investor pemula. Mereka khawatir jika dana mereka juga ikutan nyangkut di saham tidur.

    "Kalau BEI diam-diam saja soal ini, gimana BEI mau tarik investor baru kalau begini," ujarnya kepada detikFinance, Senin (9/5/2016).

    Satrio menjelaskan, BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai otoritas di pasar modal perlu melakukan tindakan preventif agar kasus serupa bisa diminimalisir.

    Menurut Satrio, hal paling utama yang harus dilakukan adalah memberikan edukasi secara rutin kepada masyarakat terkait berinvestasi di pasar saham. Tak hanya kepada masyarakat, BEI juga harus mengedukasi kepada para broker, maupun emiten terkait kemungkinan terjadinya dana investor nyangkut di saham tidur.

    "Pemodal kan tidak semuanya paham, maka itu harus ada edukasi, broker juga berperan memberikan penjelasan kepada nasabah, masyarakat juga harus aktif sendiri mencari tahu soal perusahaan tempatnya berinvestasi, jadi setiap pemodal harus bertanggungjawab atas modalnya sendiri, bisa melalui fund manager, mereka yang tahu nggak mungkin masukin duit ke perusahaan Bakrie, takut," papar dia.

    Selain itu, BEI maupun OJK juga perlu menerapkan aturan yang tegas terkait emiten yang sahamnya tidur atau tidak bergerak sama sekali atau bahkan harganya mencapai titik terendah di Rp 50 alias saham gocap.

    "BEI dan OJK harus mengadakan perdagangan yang teratur dan efisien, harus ada langkah-langkah preventif, OJK wasit, bursa penyelenggara pertandingan, tugas OJK dan bursa jangan hanya jadi penonton, itu kan masalah kepercayaan pasar modal, harus terapkan GCG, itu harus ditekankan ke emiten," jelas dia.

    Satrio menambahkan, bursa dan OJK harus jemput bola untuk mengetahui keadaan sebenarnya terkait kondisi emiten di pasar modal.

    "Bursa dan OJK jangan hanya nunggu laporan masyarakat, mencari penjelasan ke emiten, jangan hanya masukin UMA. Pendekatan OJK dan bursa dalam melindungi konsumen, orang jahat jangan diberi kesempatan untuk main di bursa," pungkasnya.



    http://finance.detik.com/read/2016/05/09/103003/3205705/6/saham-tidur-bikin-galau-investor-ini-yang-harus-dilakukan-bei
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Saham 'Tidur' Bikin Galau Investor, Ini yang Harus Dilakukan BEI Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top