728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 11 May 2016

    Rio Haryanto Jajal Ban Kompon Keras untuk Kali Pertama

    Rio Haryanto membawa dua set kompon ban keras, lima ban medium, dan enam kompon lunak untuk GP Spanyol. (Dok. Manor Grand Prix Racing Ltd)

    Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, membawa dua set ban kompon keras, lima set ban kompon medium, dan enam set ban kompon lunak untuk GP Spanyol yang berlangsung Minggu (17/5). 

    Balapan kali ini adalah kali pertama Rio dan Manor Racing menjajal ban kompon keras, karena pada empat balapan sebelumnya Pirelli sebagai pemasok resmi ban Formula 1 selalu memilihkan ban kompon medium, lunak, dan super-lunak. 

    Berdasarkan peraturan baru F1 soal regulasi ban, setiap serinya Pirelli memang akan memilihkan tiga jenis kompon ban yang wajib digunakan minimal sekali oleh setiap tim. Untuk balapan pekan ini, Pirelli memilihkan kompon keras, medium, dan lunak. 


    Pilihan ini sesuai dengan karakteristik aspal sirkuit Katalonia yang memang terkenal abrasif dan mudah membuat ban aus. Kompon keras dan medium memang tak bisa membuat pebalap menjajal kecepatan maksimum, tapi tidak akan cepat habis.


    Meski dengan karakteristik seperti itu, rata-rata tim hanya membawa satu atau dua set ban kompon keras.

    Ferrari dan Haas Racing Team terlihat akan menerapkan strategi agresif pada balapan kali ini dengan membawa delapan set kompon lunak -- terbanyak di antara tim-tim lainnya. Sementara Mercedes yang memenangi empat GP sebelumnya, membawa tujuh ban lunak dan memaksimalkan ban kompon medium.

    Mercedes sendiri punya data yang cukup baik dengan menggunakan ban keras dan medium di Sirkuit Katalonia pada sesi uji pramusim, Februari lalu. 

    Mercedes menyelesaikan 675 putaran dalam empat hari, atau 200 putaran lebih banyak dari tim yang paling mendekati mereka, Toro Rosso. Mayoritas putaran-putaran itu dijajal dengan menggunakan ban kompon keras dan medium.

    Sementara itu, pebalap Ferrari Sebastian Vettel keluar sebagai tim tercepat di sesi pramusim Barcelona ketika menggunakan ban lunak dan ultra-lunak. 

    Jarak tempuh terjauh menggunakan ban keras kala itu dicatatkan pebalap Williams Valtteri Bottas yang menjajal 26 putaran, sedangkan ban medium bisa digunakan untuk maksimal 30 putaran.



    http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20160511122650-163-129927/rio-haryanto-jajal-ban-kompon-keras-untuk-kali-pertama/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rio Haryanto Jajal Ban Kompon Keras untuk Kali Pertama Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top