728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 18 May 2016

    Profil 7 Penulis Best Seller Terkenal Indonesia

    Di Indonesia terdapat banyak sekali tokoh-tokoh penulis terkenal yang tentu saja memegang peranan penting dalam dunia ke-penulisan Nasional. Berbagai karya best-seller dari para penulis hebat ini akhirnya menjadi buah cipta yang mampu meningkatkan minat baca, atau malah memang menunjukkan peran yang sangat penting dalam peningkatan minat baca di Indonesia.
    Nah, bagi anda yang ingin mengenal beberapa nama terkenal itu, dibawah ini Pak Tua akan sajikan Profil 7 Penulis Best Seller Terkenal Indonesia, semoga 7 Penulis Terkenal Indonesia ini dapat menginspirasi sahabat pembaca untuk dapat mengikuti jejak mereka, dan atau paling tidak dapat mengajak anda untuk mulai mencicipi karya-karya mereka hingga mampu memetik pelajaran-pelajaran paling berharga dari setiap karya mereka, dan ini dia:
    1. Darwis Tere Liye

      Penulis Terkenal Darwis Tere Liye
      Darwis Tere Liye, lahir tanggal 21 Mei 1979. Tere Liye menikah dengan Ny.Riski Amelia dan di karunia seorang putra bernama Abdullah Pasai. “Tere Liye” merupakan nama pena yang diambil dari bahasa India dengan arti : untukmu, untuk-Mu. Tampaknya Tere-Liye tidak ingin dikenal oleh pembacanya.
      Salah satu penulis Favorite mbah Pedia, karya-nya selalu sukses membuat pembaca merenung, gaya bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, namun terangkai dengan indah adalah kesan yang akan dirasakan setiap pembaca tulisannya. Dengan kepiawaiannya merangkai kata, cerita, dan makna tak heran jika hampir seluruh novel Tere Liye sukses meraih Best Seller.
      Hafalan Sholat Delisa, Moga Bunda Disayang Allah, dan Bidadari – Bidadari Surga adalah beberapa judul novel Tere Liye yang telah sukses di pasaran, dan telah diangkat menuju Layar Lebar karena keberhasilannya menggaet hati pembacanya.

      Karya-karya Penulis Terkenal Darwis Tere Liye

      1. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (Gramedia Pustaka Umum,2010)
      2. Pukat (Penerbit Republika, 2010)
      3. Burlian (Penerbit Republika, 2009)
      4. Hafalan Sholat Delisa (Penerbit Republika, 2005)
      5. Moga Bunda Disayang Allah (Penerbit Republika, 2005)
      6. The Gogons Series : James & Incridible Incodents (Gramedia Pustaka Umum, 2006)
      7. Bidadari – Bidadari Surga (Penerbit Republika, 2008)
      8. Sang Penandai (Penerbit Serambi, 2007)
      9. Rembulan Tenggelam di Wajahmu (Grafindo 2006 & Republika 2009)
      10. Mimpi-Mimpi Si Patah Hati (Penerbit AddPrint, 2005)
      11. Cintaku Antara Jakarta dan Kualal Lumpur (Penerbit AddPrint, 2006)
      12. Senja Bersama Rosie (Penerbit Grafindo, 2008)
      13. Eliana, Serial Anak-Anak Mamak
      Tere Liye biasanya tidak menampilkan banyak biografi-nya pada setaip karya-karyanya, begitupun di media Online, akan cukup sulit untuk menemukan biografi lengkap Tere Liye. Sebuah kutipan menarik dari salah satu pojok biografi Tere Liye:
      Bekerja keras, namun selalu merasa cukup, mencintai berbuat baik dan berbagi, senantiasa bersyukur dan berterima-kasih maka tereliye percaya, sejatinya kita sudah menggenggam kebahagiaan hidup ini. Sederhana memang, tapi sungguh pada pelaksanaannya tidaklah sesederhana itu.
    2. Habiburrahman El Shirazy~

      Penulis Terkenal Habiburrahman El Shirazy
      Habiburrahman El Shirazy (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976) yang saat ini telah berumur 37 tahun pernah di nobatkan sebagai Novelis No.1 Indonesia oleh INSANI UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP) Semarang. Novelis lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini juga dikenal sebagai sosok sutradara, dai, dan penyair.
      Selain di Indonesia, Karya-karyanya banyak diminati juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan dan Australia. Banyak yang menilai karya-karya fiksi kang Abik dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca-nya. Di antara karya-karyanya yang telah beredar di pasaran dan berhasil menjadi salah satu novel fiksi terlaris di Indonesia yang dicetak sampai dengan 160 ribu eksemplar hanya dalam jangka waktu tiga tahun adalah Ayat-Ayat Cinta, yang telah diadaptasi menjadi film pada 2008.

      Karya-karya Penulis Terkenal Habiburrahman El Shirazy

      1. Diatas Sajadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV, 2004),
      2. Ayat-Ayat Cinta (Republika-Basmala, 2004)
      3. Ketika Cinta Berbuah Surga (MQS Publishing, 2005)
      4. Pudarnya Pesona Cleopatra (Republika, 2005)
      5. Ketika Cinta Bertasbih (Republika-Basmala, 2007),
      6. Ketika Cinta Bertasbih 2 (Republika-Basmala, 2007)
      7. Dalam Mihrab Cinta (Republika-Basmala, 2007).
      Kini El Shirazy tinggal di kota Salatiga. Dengan aktivitas lebih banyak digunakan untuk memenuhi undangan mengisi seminar dan ceramah, di samping juga menulis novel yang menjadi pekerjaan utamanya dan sesekali menulis skenario sinetron untuk Sinemart (sebuah rumah produksi yang menaungi karya-karyanya di dunia perfilman).
    3. Andrea Hirata

      Penulis Terkenal Andrea Hirata
      Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1976; Penulis yang telah memasuki umur 37 tahun ini merupakan salah satu novelis terkenal indonesia yang telah merevolusi dunia Sastra Indonesia. Berasal dari Pulai Belitung provinsi bangka belitung dengan novel perdananya adalah Laskar Pelangi.
      Novel Laskar pelangi merupakan salah satu novel paling laris di Indonesia sejak tahun 2006 hingga saat ini, menurut beberapa sumber Laskar Pelangi telah berhasil di jual dalam 600.000 exp. Selain itu, novel ini telah diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lain, seperti Film, Lagu, dan Drama musikal.

      Karya-karya Penulis Terkenal Andrea Hirata

      1. Laskar Pelangi
      2. Sang Pemimpi
      3. Edensor
      4. Maryamah Karpov
      5. Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas (2010)
      6. Sebelas Patriot (2011)
      7. Laskar Pelangi Song Book (2012).
      Meskipun masih terbilang wajah baru dalam dunia kepenulisan Indonesia, Andrea Hirata yang merupakan seorang mahasiswa ekonomi ini telah begitu sukses dalam dunia kepenulisan melalui karya-karya best sellernya yang memuat ide-ide segar seorang Andrea, dan gaya tulis khas-nya yang mampu membuat pembacanya terkesima. Meski demikian Penulis terkenal Indonesia ini dahulunya bahkan sempat berkali-kali ditolak oleh penerbit yang tidak menyukai gaya bertutur Andrea. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menerbitkan sendiri bukunya secara indie.
    4. Hilman Hariwijaya

      Penulis Terkenal Hilman 'Lupus' Hariwijaya
      Hilman Hariwijaya dikenal juga sebagai Hilman Lupus lahir di Jakarta, 25 Agustus 1964, Pria 49 tahun ini adalah salah seorang penulis Indonesia. Pria yang dikenal melalui cerita pendek yang berjudul Lupus ini, pertama kali menerbitkan cerpennya pada majalah ‘Hai’ dibulan Desember 1986, yang kemudian dibukukan menjadi sebuah novel.”
      Pengarang satu ini pernah dikenal degan julukan “˜Jago Ngocol se-Indonesia” karena serial Lupus-nya. Di awal tahun 90-an, sosok Lupus menjadi ikon di kalangan anak muda, dengan rambut sedikit gondrong berjambul dan selalu mengunyah permen. Kisah Lupus sendiri menggambarkan gaya hidup remaja yang hampir selalu diselingi dengan humor segar.
      Motivasi Hilman menjadi penulis berawal dari kecemburuan terhadap teman-temannya yang memilki keahlian sehingga terkenal, maka ia pun ingin mengalami hal yang sama. Dipilihnyalah menulis sebagai jalan utamanya. Meski disepelekan oleh sebagian orang, namun ia tak pernah surut dari keinginannya menjadi penulis.
      Penulis Terkenal Hilman 'Lupus' Hariwijaya

      Karya-karya Penulis Terkenal Hilman Hariwijaya

      1. Lupus
      2. Olga
      3. Lulu
      4. Keluarga Hantu
      5. Vanya
      6. Vladd, dan masih banyak lagi
      Bagi Hilman, bila ingin menjadi penulis harus melakukan beberapa langkah berikut ini:
      Kalau mau jadi penulis harus ngotot. Maksudnya, harus punya sikap dan harus benar-benar bertekad. Jangan money oriented. Buatlah dulu karya yang bagus, kalau sukses akan banyak yang mengejar. Asah intuisi. Intuisi yang terasah akan membantu kita dalam menulis. Kalau mentok menulis, cobalah ubah sudut pandang. Agar bisa menulis dengan tokoh yang menarik, stel logika berpikir. dan Terakhir Jangan cepat puas
    5. Asma Nadia

      Penulis Terkenal Asma Nadia
      Asmarani Rosalba (lahir di Jakarta tahun 1972), lebih dikenal sebagai Asma Nadia, salah seorang Penulis Nasional, dikenal sebagai pendiri Forum Lingkar Pena, yakni sebuah perkumpulan yang membantu penulis-penulis muda untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka. Merupakan manajer Asma Nadia Publishing House. Telah banyak memperoleh penghargaan untuk karya-karyanya, dan sering menjadi pengisi materi dalam berbagai loka karya yang berkaitan dengan kepenulisan dan keperempuanan.
      Motivasi lain Asma dalam menulis adalah karena dengan menulis seseorang dapat berbicara dan menyampaikan protes pada puluhan ribu orang, bahkan ratusan ribu, bisa menjangkau tempat-tempat yang jauh dan tidak terbayangkan sebelumnya. Bahkan bagi perempuan, menurut Asma, profesi menulis bisa membuatnya tetap dekat dengan keluarga.

      Karya-karya Penulis Terkenal Asma Nadia

      Terakhir, telah menulis 49 buku! Dan dibawah ini adalah beberapa diantaraanya:
      1. Assalamualaikum Beijing
      2. Salon Kepribadian
      3. Derai Sunyi[novel], mendapat penghargaan MASTERA
      4. Preh (A Waiting), naskah drama dua bahasa
      5. Cinta Tak Pernah Menar [kumcer] meraih Pena Award
      6. Rembulan di Mata Ibu (2001), novel, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI
      7. Dialog Dua Layar, Adikarya IKAPI, 2002
      8. 101 Dating meraih penghargaan Adikarya IKAPI, 2005
      9. Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!, nonfiksi, best seller.
      10. Emak Ingin Naik Haji: Cinta Hingga Ke Tanah Suci (AsmaNadia Publishing House)
      11. Jilbab Traveler (AsmaNadia Publishing House)
      12. Muhasabah Cinta Seorang Istri
      13. Catatan hati bunda
      Sepuluh langkah menjadi penulis menurut asma nadia:
      (1) Memiliki motivasi untuk membuat yang terbaik. (2) Rajin mengamati apa saja. (3) Banyak membaca buku. (4) Menuliskan mimpi yang dialami semalam. (5) Memiliki buku kecil untuk mencatat. (6) Sering-sering buka kamus. (7) Manfaatkan pengalaman masa lalu. (8) Banyak berdiskusi dan berkumpul dengan penulis lainnya. (9) Jangan ragu untuk mengirimkannya karya. (10) Latihan terus menerus.
    6. Dewi ‘Dee’ Lestari

      Penulis Terkenal Dewi Dee Lestari
      Dee panggilan akrab wanita kelahiran Bandung, 20 Januari 1976! Seorang penulis Asal Indonesia yang telah terlebih dulu terkenal sebagai seorang penyanyi. Tak banyak yang mengenali Dee sebagai seorang penulis sampai novelnya Supernova mulai terbit ditengah masyarakat. Seorang penulis yang katanya telah menghasilkan lebih dari 1,5 miliar rupiah dari seluruh novelnya.

      Karya-karya Penulis Terkenal Dewi Lestari

      1. Novel Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh, 2001
      2. Novel Supernova: Akar, 2002
      3. Kumpulan Prosa dan Puisi “Filosofi Kopi” 2003
      4. Novel Supernova: Petir, 2005
      5. Kumpulan Cerita Rectoverso, 2008
      6. Novel Perahu Kertas, 2009
      7. Kumpulan Cerita Madre, 2011
      8. Novel Supernova: Partikel, 2012
    7. Agnes Davonar

      Ia tidak memiliki latar belakang seni ataupun sastra, tapi memulai tulisan-tulisan ringannya lewat blog pribadinya. Tanpa ia sadari, tulisan-tulisannya mampu membius pembaca online hingga akhirnya ia menjelma menjadi penulis novel fenomenal dengan beberapa kontroversi yang menghampanya.
      Gaby, karakter ciptaannya menjadi kasus terumit di Indonesia yang melibatkan perebutan lagu misterius. Berbekal prestasi blogger internasional dan sejumlah penghargaan nasional, membuat nama dua bersaudara ini melambung menjadi penulis termahal di Indonesia.
      Buku Surat Kecil Untuk Tuhan karya mereka terjual lebih dari 200.000 exp atau menghasilkan 700 Juta Rupiah. Ia masih memiliki 7 novel lain yang mencetak best seller yang dijual di luar negeri. Menurut sumber film Indonesia, Agnes bersaudara mendapatkan lebih dari 500 juta Rupiah dari hak cipta novelnya yang semuanya telah menjadi perebutan produsen-produsen kakap nasional. Ia mendapatkan akusisi blognya dari Garudafood lewat produk chocolatosnya dengan nilai sponsorship 500 juta pertahun. Sampai saat ini, penulis ini masih dikenal misterius karena tertutup dan jarang sekali tampil walau dibayar mahal sekalipun dalam sebuah seminar.
    Nah itu dia 7 Penulis terkenal Indonesia yang bisa Situs Keluarga pedia bagikan untuk pembaca sekalian, semoga dapat menambah wawasan dan dapat menjadi motivasi pembaca untuk ikut berkarya.

    Sumber : http://www.si-pedia.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil 7 Penulis Best Seller Terkenal Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top