728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 24 May 2016

    Posko Mudik Gratis di Kecamatan Tanah Abang Diserbu Pendaftar


    Posko mudik gratis bagi pengemudi sepeda motor yang dibuka Kementrian Perhubungan (Kemenhub) di Kecamatan Tanah Abang diserbu oleh warga.

    Pantauan Warta Kota, satu demi satu warga yang tinggal seputar Tanah Abang, Kebayoran Lama dan Kemayoran mendatangi posko yang dibuka sejak pukul 08.30 WIB pagi.

    Sunarsih (32) warga Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, sengaja datang pagi untuk menghindari antrian seperti tahun-tahun sebelumnya.

    "Ini kali ketiga saya ikut, sebelumnya daftar di Kementrian Perhubungan dekat Monas, antrinya banyak banget, mangkanya sekarang datang pagi," kata Sunarsih kepada Warta Kota, Selasa (24/5).

    Kota yang menjadi tujuan mudik Sunarsih adalah Wonogiri. Dia mendaftar untuk tiga orang yakni suami dan satu anaknya.

    "Alhamdulillah banget ada program mudik ini, benar-benar menjadi solusi, coba kalau beli tiket bus reguler untuk satu orang saja bisa 350 ribu ke Wonogiri," kata dia.

    Pendaftar lain, Mustakim (47) mengaku baru tahun ini mengikuti mudik menggunakan bus, biasanya pada tahun lalu dia ikut mudik gratis menggunakan kapal laut.


    "Sekarang udah gak ada pake kapal laut, jadinya lewat darat, sama aja sih, yang penting selamat dan gratis, lumayan ngirit banyak, uangnya bisa buat bekal di kampung," kata Mustakim yang akan mudik ke Semarang.

    Koordinator Posko Mudik Jalur Darat wilayah Jakarta, Mustiono mengatakan, sebagian pendaftar pada tahun ini adalah warga yang pernah mengikuti program mudik dari Kemenhub.

    Namun, ada banyak juga yang merupakan pendaftar baru.

    "Tahun ini kan jumlah kuotanya lebih banyak 4 kali lipat, jadi banyak pendaftar baru juga, selain menerima pendaftaran kita juga beri informasi bagi warga yang ingin tanya-tanya dulu," kata Mustiono.

    Semenjak pendaftaran pada 16 Mei, menurut Mustiono posko mudik untuk wilayah Jakarta telah dibuka di dua tempat yakni Pasar Kebayoran pada minggu lalu, dan Kecamatan Tanah Abang dan Kemayoran pada 23-29 Mei Minggu ini.

    "Kita pindah-pindah, nanti minggu depan ada di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cilincing dan Terminal Grogol," terang dia.

    Hingga kini menurut Mustiono, telah ada sekitar 1000 orang yang mendaftar di tiga tempat itu.

    Mustiono menghimbau bagi para pemudik agar segera mendaftar ke posko terdekat agar tidak kehabisan kuota.

    "Karena kita sistemnya kuota ya, jadi gak nunggu sampe penutupan sampai pertengahan Juni nanti, kalau kota habis, pendaftaran ditutup," kata dia.

    Pada tahun ini, Kemenhub menyediakan 16.802 kuota mudik gratis bagi penumpang dan 8.400 untuk sepeda motor dengan tujuan ke sembilan kota di Jawa Tengah yakni Tegal, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri.

    Bukan hanya untuk arus mudik, kemenhub juga menyediakan kuota untuk arus balik yakni 7.200 penumpang dan 3.600 sepeda motor. Keberangkatan sama dengan kota-kota arus mudik.

    Berbeda dengan tahun lalu, untuk pendaftaran tidak lagi dibuka di Gedung Kementrian Perhubungan, tapi hanya di Dinas perhubungan di Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi.

    Selain itu juga akan disediakan mobil keliling di beberapa titik di Jakarta. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

    Batas waktu pendaftaran hingga 12 Juni 2016. Namun jika telah memenuhi kuota maka pendaftaran akan ditutup sebelumnya.


    http://wartakota.tribunnews.com/2016/05/24/posko-mudik-gratis-di-kecamatan-tanah-abang-diserbu-pendaftar?page=3
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Posko Mudik Gratis di Kecamatan Tanah Abang Diserbu Pendaftar Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top