728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 2 May 2016

    Pengguna Internet Cenderung Ceroboh Saat Menghadapi Kejahatan Cyber


    Foto: Ilustrasi.

    JAKARTA - Kebutuhan akan koneksi internet saat ini tengah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Bahkan tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya sehari-hari dengan menggunakan jaringan internet.

    Namun, ditengah sisi positif yang bisa didapat dari penggunaan internet, para pengguna juga harus waspada terhadap bahaya yang mengintai di dunia maya. Bahkan tak jarang, timbulnya kejatahan cyber yang mengancam dikarenakan oleh pengguna internet itu sendiri.

    Belum lama ini Kaspersky Lab menguji kebiasaan buruk pengguna internet lebih dari 18 ribu pengguna di seluruh dunia. Pengujian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana perilaku pengguna internet dan risiko dari kebiasaan online mereka.

    Melalui survei yang dilakukan, sebanyak 76% pengguna tidak dapat membedakan halaman website asli atau palsu. Ketika dihadapkan dengan ancaman pada tampilan web, para pengguna cenderung melakukan kesalahan dengan memasukkan identitas mereka pada halaman phishing yang dirancang untuk mencuri data kredensial.

    Bahkan, sebanyak 75% melakukan kesalahan dengan memeriksa format dari file yang akan mereka unduh. Pasalnya, file yang mereka buka kemungkinan besar berpotensi mengunduh virus, memilih scr (screensaver-format umum untuk embedding virus). Demikian tertulis dalam keterangan resmi Kaspersky Lab, Kamis (28/4/2016).

    Sementara di Indonesia, banyak pengguna internet yang mengalami serangan ketika berselancar di web. Adapun serangan yang paling banyak menyerang adalah Trojan-Clicker.HTML.Iframe.dg. Laporan ini juga mengungkapkan banyak terdeteksi obyek berbahaya seperti Trojan.Win32.Wauchos.a di komputer pengguna.

    http://autotekno.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengguna Internet Cenderung Ceroboh Saat Menghadapi Kejahatan Cyber Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top