728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 2 May 2016

    Pemerintah genjot UKM ekspor nonmigas



    Merdeka.com - Pemerintah menilai kontribusi UKM ekspor nonmigas masih sangat rendah. Sejumlah upaya kini terus dilakukan untuk meningkatkan kontribusi ekspor non migas UKM.
    "Program secara simultan mulai dari memperbanyak tenaga pendampingan/fasilitator agar UKM bisa melek ekspor, bekerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Produk) memberikan sertifikasi ekspor dengan menerapkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), dan memberikan pelatihan ekspor melalui e-commerce (digital)," ujar Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS, dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (3/5).
    Lanjut Prakoso, kendala UKM untuk melakukan ekspor sangatlah banyak, mulai dari teknis ekspor, kualitas dan kuantitas produk, aspek manajemen sampai pemasaran. Karena itu dengan kehadiran fasilitator/pendampingan, diharapkan kendala-kendala tersebut dapat diatasi atau minimal dapat ditekan.
    "Setidaknya dengan pendampingan, UKM itu bisa naik kelas. Dari yang mikro bisa naik kelas ke usaha kecil, lalu yang kecil.bisa naik kelas ke usaha menengah," kata dia.
    Selain itu, Prakoso menekankan pentingnya pelatihan digital kepada pelaku UKM. Karena dengan digital (e commerce) bisa menberikan banyak keuntungan bagi pelaku UKM khususnya yang berorientasi ekspor.
    "Pelaku UKM bisa menekan biaya dan waktu karena tak perlu harus ketemu person to persen dengan calon buyers, pembayaran pun juga bisa dilakukan lewat e commerce," ucapnya.
    Prakoso menambahkan, UKM perlu mengenal pasar ekspor dan calon buyers melalui pendampingan/fasilitator. Alasannya, agar pelaku UKM bisa meminimalisir kecurangan buyer saat transaksi.
    "Tak semua buyer itu jujur dalam melakukan transaksi dagang. Karena banyak juga kasus UKM yang tidak dibayar.meskipun barangnya sudah dikirmkan ke luar negeri," tandasnya.
    Untuk diketahui, jumlah UKM yang berorientasi ekspor hanya 5 ribu pelaku saja dibanding total jumlah UKM yang mencapai 57 juta. Sehingga pada 2015 nilai ekspornya relatif kecil atau hanya USD 23 miliar dibanding ekspor non migas yang mencapai USD 145,5 miliar, atau hanya sekitar 16 persen saja.
    http://www.merdeka.com/uang/pemerintah-genjot-ukm-ekspor-nonmigas.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemerintah genjot UKM ekspor nonmigas Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top