728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 16 May 2016

    McAfee Sesumbar Bisa Retas Enkripsi WhatsApp

    Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
    Beberapa waktu lalu WhatsApp telah merealisasikan rencana untuk memberikan layanan yang aman melalui enkripsi end-to-end. Terdengar aman dan terbebas dari peretasan, namun baru-baru ini John McAfee mengklaim bisa menembus sistem enkripsi tersebut.

    Lembaga riset Cybersecurity Ventures melaporkan bahwa McAfee dan timnya menyebarkan klaim telah berhasil membobol sistem enkripsi WhatsApp.

    Dengan kata lain, tim McAfee bisa membaca semua pesan WhatsApp yang seharusnya telah terenkripsi secara aman tersebut.

    Satu hal yang digarisbawahi, tim peretas McAfee yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat itu mengaku, awalnya mereka menemukan celah di platform mobile Google. Dari situlah mereka kemudian mampu membuka sistem keamanan enkripsi aplikasi WhatsApp.

    Dikutip dari Ubergizmo, kerentanan enkripsi WhatsApp berarti hanya terdapat di aplikasi WhatsApp versi Android. Sementara untuk versi iOS disinyalir masih belum tersentuh.

    Seperti yang diucapkan McAfee, masalah pokok tidak berasal dari aplikasi WhatsApp, namun terletak di sistem operasi Android sendiri yang dikembangkan Google.

    McAfee juga mengklaim, ia dan timnya telah menemukan "celah serius" yang memungkinkan akses ke segala aplikasi di dalam perangkat Android, termasuk pesan WhatsApp yang telah terenkripsi sekalipun.

    Banyak yang masih meragukan kebenaran dari klaim McAfee tersebut, mengingat dirinya kerap sesumbar mengenai sejumlah klaim peretasan selama ini.


    McAfee menambahkan, dirinya mengaku terbuka untuk melakukan diskusi dengan pihak Google dan WhatsApp untuk membahas masalah tersebut.

    Diketahui untuk mewujudkan sistem enkripsi ini WhatsApp tidak sendiri. Mereka bekerjasama dengan perusahaan privat yang dibangun oleh sejumlah hacker ternama, Open Whisper Systems.

    Menurut WhatsApp, hal-hal yang sudah diamankan terdiri dari semua percakapan, grup chat, lampiran, pesan suara dan panggilan telepon di Android, iPhone, Windows Phone, Nokia S40, Nokia S60 BlackBerry dan BB10.

    Dengan pengguna aktif lebih dari satu miliar orang, sistem enkripsi ini dilihat WhatsApp sangat penting. Terlebih lagi belakangan ini banyak sekali kasus yang mengancam privasi pengguna Internet.



    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160516140745-185-131031/mcafee-sesumbar-bisa-retas-enkripsi-whatsapp/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: McAfee Sesumbar Bisa Retas Enkripsi WhatsApp Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top