728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 8 May 2016

    Lima Kombinasi Terlarang Makanan dan Obat-obatan


    Dilarang mengonsumi yoghurt berbarengan dengan atibiotik. (Romi/Pixabay)


    Tak banyak banyak orang tahu bahwa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari bisa berbahaya bagi tubuh bila dibarengi pengunaan obat-obatan, baik yang dibeli secara eceran maupun sesuai resep dokter.


    Laman Global News Kanada, baru-baru ini, membeberkan daftar makanan yang “berbahaya” bila dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan tertentu. Selain mengakibatkan pengobatan tidak efektif, juga efek samping serius.



    Berikut ini, lima makanan yang diketahui tidak bisa dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan. Bila masih ragu atau membutuhkan informasi lebih detail, segera berkonsultasi dengan dokter anda, atau klik laman Foodnetwork.ca.




    1. Cokelat dan Ritalin

    Ritalin dikenal sebagai obat wajib pengidap attention deficit disorder (ADD). Obat ini bersifat stimulan, maka bila bercampur dengan makanan yang mengadung kafein, seperti cokelat, dapat meningkatkan pengaruh si obat.


    2. Alkohol dan Insulin

    Bila anda sedang mengonsumsi insulin atau pil diabetes, sebaiknya menghindari minuman beralkohol, terutama saat makan malam. Satu regukan saja bisa berakibat fatal: menurunkan kadar glukosa, memicu hypoglycemia.


    3. Jeruk Nipis dan Obat Batuk

    Jeruk nipis mengadung enzim yang merusak sejumlah obat-obatan, sepertidextrosethorphan, untuk meredakan batuk dan demam. Kombinasi jeruk nipis dan obat batuk dapat menyebabkan kantuk berlebihan, bahkan halusinasi.


    4. Rumput Laut dan Obat Antitiroid

    Bagi anda yang mengonsumsi obat-obatan antithyroid untuk mencegah hyperthyroidismberhati-hati lah kala menyantap makanan laut yang sarat iodin. Semakin tinggi iodin, semakin tinggi pula dosis obat yang anda butuhkan. Interaksi makanan laut menyebabkan pengobatan kurang efektif.


    5. Susu dan Antibiotik

    Produk peternakan macam susu, yoghurt dan keju bisa jadi “musuh” bagi sebagian antibiotik, termasuk tetracyclines dan Cipro. Kalsium yang terkandung di produk dairytersebut menangkal antibiotik, membuat obat sulit dicerna. 


    http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160509111647-255-129361/lima-kombinasi-terlarang-makanan-dan-obat-obatan/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lima Kombinasi Terlarang Makanan dan Obat-obatan Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top