728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 23 May 2016

    KPPU endus ada penyelundup BBM dari luar negeri

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga adanya penyelundupan BBM dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Sebab, meski harga minyak dunia cenderung turun, namun harga BBM di Indonesia masih dinilai tinggi, terutama bahan bakar yang tidak bersubsidi.

    "Ini kan aneh, harga BBM dikuat negeri terus turun, tapi kok di dalam negeri enggak turun-turun terutama yang tidak bersubsidi. Seolah-olah kan antara operator ini kan saling menunggu, kau ini terjadi meski tidak ada kesepakatan tertulis maka ini bisa menjadi indikasi adanya kartel," kata Ketua KPPU M. Syarkawi Rauf di kantor BPK, Jakarta Selatan, Selasa, (25/5).

    Dalam kasus tersebut, pihaknya mengatakan telah memanggil sejumlah perusahaan yang dicurigai melakukan kecurangan. Seperti Pertamina, Petronas, Shell, dan Total

    "Kami sudah memanggil Petronas dan Shell yang ada di Indonesia sekitar awal tahun lalu," sebut Syarkawi.

    Namun, sejauh ini pihaknya menyatakan belum mengetahui indikasi yang dilakukan oleh para perusahaan tersebut. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan pemanggilan dan pemeriksaan lebih lanjut.

    "Saat ini saya masih belum tahu apakah ini ada indikasi kartel atau yang lainnya.saya belum tahu," kata Syarkawi.

    Indikasi adanya penyelundupan bahan bakar dari luar negeri juga memungkinkan menjadi penyebab harga BBM di Indonesia tak kunjung turun. "Kalau harga minyak di luar murah lalu ada indikasi kartel di sini, tendensi penyelundupan bahan bakar dari luar negeri itu bisa saja terjadi," tutup Syarkawi.


    http://www.merdeka.com/peristiwa/kppu-endus-ada-penyelundup-bbm-dari-luar-negeri.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPPU endus ada penyelundup BBM dari luar negeri Rating: 5 Reviewed By: Forex Mart
    Scroll to Top